• Belajar Adsense: Apa Itu CPC dan CTR Dalam Adsense

Pengertian dan Fungsi Dari CPC dan CTR Serta Bagaimana Cara Mengoptimalkan Pendapatan Adsense

 

Adsense adalah salah satu program penghasil uang di internet, dimana seseorang yang memiliki website atau blog bisa mendapatkan uang dengan bergabung sebagai penerbit iklan Adsense. Untuk lebih lengkap perihal penerbit Adsense itu silahkan membaca artikel yang berjudul: “Apa Itu AdSense Blog dan Bagaimana AdSense Itu Berkerja Dalam Menghasilkan Uang Bagi Pemilik Website / Blog?” atau “Cara Mendaftarkan Sebuah Website / Blog Mengikuti Program Adsense Agar Bisa Langsung Diterima” atau “Pengertian dan Fungsi Dari Page View Dalam Adsense dan Berapa Pendapatan Sebuah Blog Dari Hitungan Page View









 

Apa Itu CTR (Click throught rate) Dalam Adsense ?

Sekarang kita berkenalan dengan CPC di dalam Adsense, CPC (Cost Per Click) adalah biaya yang ditawarkan oleh advertiser (si pemasang iklan) untuk tiap klik iklannya, jadi keuntungan atau jumlah pendapatan yang diterima setiap kali ada yang mengklik iklan yang terbit didalam blog jumlahnya sangat ditentukan oleh harga CPC yang dipasang oleh pemasang iklan.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi nilai CPC setiap iklan adsense, diantaranya adalah jumlah iklan dalam halaman, jenis iklan yang dipilih, sumber pengunjung dan lain sebagainya. Untuk informasi tambahan saja, harga CPC yang paling mahal adalah yang ada pada iklan yang tampil pada hasil pencarian di Google.

Untuk CPC pada blog-blog harganya tidak terlalu mahal, sayangnya Google smerahasiakan nilai CPC untuk setiap iklannya, hanya advertiser dan pihak google adsense saja yang mengetahui tentang nilai CPC untuk tiap unit iklan yang dipasang oleh pemasang iklan.

 

 

Apa Itu CTR (Click throught rate) Dalam Adsense ?

CTR (Click throught rate) adalah perbandingan dalam bentuk persentase dalam menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang ditampilkan dalam sebuah blog. Sebagai contoh  jika iklan tampil sebanyak 1000 kali, kemudian iklan tersebut mendapatkan klik sejumlah 10 kali maka nilai CTR nya dapat kita hitung sebagai berikut (10/1000 x 100%)=1%. Artinya adalah dalam 1000 kali tampil, iklan mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.

Nilai CTR ini bisa dijadikan acuan untuk mengetahui aktifitas klik terhadap suatu unit iklan, nilai CTR yang normal adalah antara dari 0 sampai dengan 10%. Jika lebih tinggi dari itu semisal 80% sampai 100% maka ada indikasi aktifitas yang tidak normal, pihak Adsense akan melakukan investigasi dan jika diketahui ada kecurangan maka akun Adsense akan dinon-aktifkan sampai terkena suspend dan penghapusan.

Karenanya sebagai penerbit Adsense juga kita harus memantau jumlah CTR kita, karena ada istilah BOM CLIK dimana satu unik iklan diklik berkali-kali dalam jumlah yang tinggi melalui 1 alamat IP yang sama. Biasanya ini dilakukan oleh orang yang tidak suka dengan blog kita atau karena alas an lain.





Cara Mengoptimalkan Pendapatan Adsense

Banyak teori untuk yang menerangkan tentang cara mengoptimalkan pendapatan Adsense, mulai dari jenis blog hingga penemapatan unit iklan. Namun semua itu tidak akan banyak membantu jika tidak diimbangi dengan konten, kunci utama meningkatkan pendapatan Adsense adalah dari jumlah kunjungan.

Kunci utama meningkatkan jumlah kunjungan adalah dengan membuat konten yang menarik, banyak dicari orang dan mudah diketemukan oleh orang lewat mesin pencari Google.

Permasalahan klasik di Indonesia adalah pada CPC yang rendah, dimana meskipun sebuah blog mendapatkan kunjungan yang cukup tinggi dan mendapatkan jumlah klik yang cukup bagus, hasilnya masih jauh dibawah dengan blog-blog yang berbahasa ingris.

Penyebabnya adalah jumlah CPC yang berbeda berdasarkan asal kunjungan, jika blog berbahasa Indonesia kunjungan 99% berasal dari Indonesia. Dimanana nilai CPCnya memang rendah, sementara jika blog berbahasa Inggris pengunjungnya bisa bervariasi, dan tentu saja berasal dari international dimana nilai CPCnya lumayan tinggi.

Bagi penerbit Adsense yang bermain di blog-blog berbahasa Inggris, penghasilannya akan jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan blog-blog yang berbahasa Indonesia meski jumlah kunjungan dan kliknya kurang lebih sama.

Bagi yang bisa bahasa Inggris maka hal tersebut merupakan kabar bagus, namun bagi yang tidak bisa bahasa Inggris dengan baik mau tidak mau harus membuat konten dalam bahasa Indonesia. Dan untuk memaksimalkan pendapatkan, kuncinya hanyalah satu yaitu: “Terus Membuat Konten Yang Banyak Dicari Orang dan Bisa Dengan Mudah Diketemukan Oleh Orang Melalui Mesin Pencari”.

 

 











Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Ikuti Aktivitas Kami di Youtube, Free Tutorial!
klik di sini!