Apa Itu AdSense Blog dan Bagaimana AdSense Itu Berkerja Dalam Menghasilkan Uang Bagi Pemilik Website / Blog ?

 

Masih ingat tentang AdWords ? baca dulu artikel yang berjudul “APA BEDA ADWORDS DENGAN SEO NATURAL?“, nah di dalam AdWords inilah para pemasang iklan memasang iklannya dan disebarkan ke dalam system jaringan periklanan milik Google.









Pertama adalah iklan ditampilkan di dalam mesin pencarian Google, seperti yang sudah kita ulas pada artikel yang berjudul “APA BEDA ADWORDS DENGAN SEO NATURAL?“. Disini yang mendapatkan keuntungan 100% adalag Google, karena mesin pencari ini adalah milik Google. Jika ada iklan yang ditampilkan dan di klik oleh pencari informasi, biaya pemasangan iklan 100% masuk ke kantong Google.

Yang kedua adalah iklan ditampilkan di dalam jaringan Google, untuk kebutuhan ini ditangani oleh AdSense. Secara singkat AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.

 

AdSense Website / Blog

Pejelasan diatas adalah menggabarkan program AdSense untuk pemilik blog, dimana pemilik blog bisa mendapatkan uang dengan mengikuti program AdSense ini. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Semua iklan yang ditampilkan di dalam website / blog tersebut berasal dari pemasang iklan AdWords, dimana iklan tersebut ditampilkan berdasakan konten atau topik yang dibahas oleh blog. Semisal sebuah blog membahas tentang tutorial WordPress, maka iklan yang ditampilkan adalah iklan yang terkait dengan pembuatan website. Biasanya iklan yang muncul seputar jasa layanan hosting, jasa penawaran pembuatan website, jasa software, jasa SEO dan sejenis itu. Sehingga masih kontektual atau nyambung dengan isi artikel sehingga kemungkinan untuk di klik oleh pengunjung akan besar sehingga pemilik blog bisa mendapatkan komisi dari klik iklan tersebut.

 

AdSense Youtube

Awalnya program periklanan AdSense ini hanya untuk kebutuhan website / blog, namun setelah Google membeli YouTube dan mengembangkan YouTube. AdSense menyediakan program monetize video di Youtube.

Dimana pemilik channel di YouTube bisa menghasilkan uang dari video yang mereka upload ke YouTube, dimana pada video tersebut ditampilkan iklan yang berasal dari pemasang iklan di AdWords.

Ada keuntungan tersendiri dari AdSense YouTube ini, dimana pemilik video tidak hanya mendapatkan uang atau komisi ketika ada orang yang mengklik iklan. Namun juga ketika iklan ditampilkan, maka pemilik video sudah mendapatkan penghasilkan komisi.

Sebagai contoh, jika Anda melihat video di Youtube. Sering kali pada bagian awal tampil iklan terlebih dahulu, dan iklan yang ditampilkan ini berasal dari pemasang iklan di AdWords. Pemilik video adakan mendapatkan komisi dari setiap iklan yang tampil tersebut.





Baca Juga: Cara Mendaftar Sebuah Website / Blog Mengikuti Program Adsense Agar Bisa Langsung Diterima

Sejarah Singkat AdSense

Program AdSense didirikan setelah Google mengakuisisi Pyra Labs pada bulan Februari 2003. Sebulan berikutnya tepatnya pada tanggal 4 Maret 2003, Chairman Google dan CEO, Erick Schmidt, mengumumkan layanan iklan konten bertarget yang disebut AdSense. Untuk mendukung program AdSense, pada 23 April 2003 atau sebulan kemudian google mengakuisisi Applied Semantics yang teknologinya mendukung layanan AdSense.

Sejak AdSense didirikan, unit AdSense for Content hanya mendukung bahasa Inggris dan beberapa bahasa negara-negara di Eropa, Timur Tengah dan Asia Timur, serta satu negara Asia Tenggara yaitu bahasa Thailand. Namun akhirnya pada tanggal 1 Februari 2012 Google secara resmi mengumumkan bahwa Bahasa Indonesia kini didukung untuk menampilkan unit iklan AdSense for Content, setelah sebelumnya bahasa Indonesia hanya didukung untuk unit AdSense for Search saja. Kini “AdSense for Content” mendukung 36 bahasa negara di dunia.

Pada tanggal 7 November 2012 Google mengumumkan telah memperbarui aplikasi permohonan AdSense bagi publisher baru yang mendaftar AdSense melalui mitra host, artinya pendaftar baru yang mendaftar AdSense melalui Youtube, Blogger dan Hubpages. Sejak saat itu akun AdSense dibedakan menjadi dua macam, yaitu akun AdSense hosted dan akun AdSense non hosted.

 

Perbedaan Google AdSense Hosted Account & Non Hosted Account

 

Pengertian Adsense Hosted Account (Adsense YouTube)

Adsense Hosted account adalah akun yang dikaitkan dengan produk Google lainnya seperti Blogspot dan YouTube. Pengguna yang ingin menghubungkan akun Blogspot nya atau akun YouTube nya ke AdSense akan lebih mudah diterima jika menggunakan Hosted Account. Hal ini juga berlaku untuk produk Google lainnya seperti Play Store dan lainnya.

 

Pengertian Adsense Non Hosted Account (Adsense Website / Blog)

Merupakan akun Google AdSense  website / blog  yang dibuat tanpa perantara produk Google lainnya. Akun ini dibuat murni dari awal di halaman situs Google AdSense untuk kebutuhan situs web atau blog dengan nama domain sendiri.  Ketika mendaftar Google AdSense murni seperti ini, artinya kalian mendaftar Google AdSense untuk menampilkan iklan di situs web atau di produk lain selain produk Google.