• Tips Cara Mendatangkan Pengunjung Ke Website

Website Sepi Pengunjung? Coba Tips Cara Mendatangkan Pengunjung Ke Website Berikut Ini Agar Website Banjir Kunjungan Yang Berujung Pada Terjadinya Peningkatan Penjualan

 

Sebelum masuk ke dalam hal teknis yang terkait cara mendatangkan kunjungan, sebelumnya Anda selaku pemilik website harus melakukan evaluasi terhadap kualitas website terlebih dahulu. Hal pertama yang harus dievaluasi adalah konten website, terutama pada halaman depan website.




 

Evaluasi Konten Website

Isi informasi tersebut harus disajikan dalam bahasa yang sederhana, ringkas dan praktis, dengan perhatian khusus diberikan pada tata bahasa yang baik dan ejaan yang benar. Juga pastikan menu navigasi website memudahkan pengunjung dalam menelusuri halaman website, sekarang ini banyak teknologi mega menu yang digunakan oleh webmaster untuk mempercantik halaman website.

Sayangnya penggunaan mega menu justeru sering kali membuat pengunjung bingung, karena tidak semua pengunjung website memiliki kemampuan yang sama dalam berinternet.

Karenanya tinjau website dari kaca mata pengunjung yang awam, pastikan jika pengunjung awam dapat dengan mudah mencerna isi website dan menelusuri halaman website.

 

Evaluasi Kecepatan Respon Anda

Kunci sukses di dalam bisnis online adalah QUICK RESPON, sayangnya masih banyak pelaku usaha online yang tidak menyadari hal ini. Kecepatan merespon yang bisa ditolerir di internet adalah 30 menit sampai  beberapa jam, jika lebih dari itu maka pengunjung yang bertanya akan mencari alternatif layanan lain.

Atau sebenarnya pengunjung sudag bertanya ke beberapa layanan serupa (competitor), dan menunggu siapa yang paling cepat memberikan jawaban maka kesanalah pilihan akan dijatuhkan.

Baca Juga: “INI DIA 4 PENYEBAB BISNIS ONLINE GAGAL

 

Sumber Asal Kunjungan Website Yang Bisa Anda Optimalkan Untuk Memaksimalkan Kunjungan Ke Website Bisnis

Berikut ini adalah sumber asal kunjungan website, dimana Anda bisa mengoptimalkannya sehingga dapat mendapatkan kunjungan yang lebih banyak ke dalam website bisnis Anda:

 

Pengunjung Langsung

Ini adalah orang-orang yang mengetikkan nama domain Anda dan langsung membuka situs. Berikut ini adalah tips untuk mengoptimalkan asal sumber kunjungan tidak langsung ini”

  • Nama Domain Yang mudah diingat: Memilih nama domain yang tepat untuk mewakili bisnis di internet adalah penting dan dapat memiliki dampak signifikan pada lalu lintas pengunjung langsung ini. Untuk kebutuhan ini Anda bisa menggunakan nama bisnis Anda sebagai nama domain, semisal Anda menjual “USB UNIK”, nama perusahaan Anda adalah PT Jaya Anugrah Sejahterah, alih-alih menggunakan nama jayaanugrahsejahtera.com atau sejenisnya. Anda menggunakan nama produk yang Anda jual, yaitu usbunik.com atau usb-unik.com atau sejenisnya mengikuti keberadaan nama domain. Penggunaan nama com lebih mudah diingat jika dibandingkan menggunakan nama jayaanugrahsejahtera.com, sehingga orang bisa lebih mudah menghapal dan mengetikan nama domain tersebut pada browser dan masuk ke dalam website.
  • Promosi Off-Line: Selanjutnya sumber kunjungan langsung adalah berasal dari promosi off-line seperti memasang iklan atau menyebarkan brosur atau menyebarkan kartu nama dan lain sebagainya. Pastikan dalam melakukan promos off-line ini, Anda mencantumkan besar-besar nama website dan juga pada bagian yang mudah dilihat. Dan tidak hanya satu kali, pastikan nama website (nama domain) muncul dibanyak bagian konten brosur atau media promosi off-line Anda. Dan jika nama domain yang Anda gunakan cukup mudah diingat oleh orang, maka itu akan lebih meningkatkan jumlah kunjungan website.

 

Pengunjung Dari Mesin Pencari

Ini adalah orang yang datang mencari website Anda lewat mesin pencari, dalam hal ini adalah mesin pencari Google.

  • Pengunjung Natural: Adalah orang yang mencari jasa layanan Anda melalui mesin pencari Google, dimana mereka mengetikan suatu kata kunci pencarian tertentu dan kemudian menemukan website Anda di dalam hasil pencarian. Untuk dapat meningkatkan sumber kunjungan dari mesin pencari ini, maka Anda harus menguasai SEO, dimana website Anda harus berada pada TOP 20 hasil pencarian, idealnya berada TOP 10 hasil pencarian di Google. Silahkan pelajari SEO untuk kebutuhan website, jika Anda ingin mengetahui dasar-dasar SEO. Anda bisa memulainya dari buku “KITAB SEO PAMUNGKAS” sementara jika ingin mendalami SEO Anda bisa mengikuti program E LEARNING SEO.
  • Pengunjung Dari AdWords: Selain SEO, Anda juga bisa memanfaatkan layanan iklan Google AdWords, dimana layanan iklan ini sangat membantu dalam meningkatkan jumlah kunjungan. Dimana website Anda akan ditempatkan pada urutan teratas dalam hasil pencarian di Google berupa iklan, namun Anda harus membayar setiap klik iklan. Bagi yang ingin mengetahui tentang AdWords silahkan baca artikel yang berjudul “APA ITU ADWORDS DAN APA KEGUNAAN ADWORDS ?

Pengunjung Dari Sosial Media

Sekarang ini adalah era sosial media, rasanya saying jika suatu usaha tidak turut bermain di sosial media. Saya banyak kenal pelaku usaha yang sebenarnya memiliki produk yang bagus dan potensial untuk bisa mendapatkan pembeli dari sosial media. Namun sayangnya karena alasan ketidaktahuan dan keengganan untuk belajar menggunakan sosial media, maka peluang tersebut hilang begitu saja. Jika kebetulan Anda pemilik usaha, namun masih kurang paham perihal sosial media sebabaiknya perkerjaan seorang staff yang mengerti sosial media, setidaknya gunakan tiga sosial media ini: FaceBook, Instagram dan Twitter.

  • Kunjungan Natural: Ini adalah sumber pengunjung yang berasal dari follower Anda di sosial media, dimana mereka melihat informasi yang Anda bagikan dalam bentuk share link website dan mereka mengkliknya kemudian masuk ke dalam halaman website. Untuk mengoptimalkan ini, maka Anda harus memiliki jumlah follower yang cukup banyak. Jika Anda pengguna FaceBook Anda bisa beriklan untuk mendapatkan jumlah follower untuk Page Bisnis Anda di FaceBook. Selain jumlah follower, Anda juga harus berinteraksi dengan pengguna lainnya dan rajin memposting berita terkait usaha Anda dengan membagikan link website hingga photo-photo produk atau e flyer.
  • Kunjungan Berbayar: Ini adalah sumber kunjungan yang berasal dari pemasangan iklan, hanpir semua sosial media memberikan tawaran iklan. Yang termurah adalah iklan FaceBook, dimana Anda bisa beriklan untuk mendatangkan pengunjung ke dalam halaman website berdasarkan PPC (Pay Per Click).

 

Gunakan Juga Konten Multi Media

Sekarang ini membuat konten multi media sangat mudah, hanya dengan bermodalkan hp android Anda sudah bisa membuat video. Silahkan Anda gunakan daya kreatifitas Anda untuk membuat video yang berisikan promosi terhadap layanan usaha Anda.

Contohnya adalah Anda bisa memperlihatkan produk Anda, dan menginformasikan apa saja keunggulannya dan bagaimana cara membelinya dan sebagainya. Lainnya, bisa juga Anda merekam kesaksian dari mereka yang sudah merasakan manfaat dari produk Anda, dan hal lainnya yang bisa Anda buat dengan mudah melalui hp Android.

Selanjutnya adalah proses editing, setelah memiliki footage uthnuk dijadikan video. Selanjutnya silahkan lakukan editing video, untuk kebutuhan ini pun sangat mudah. Kami punya panduan editing video yang bisa Anda pelajari secara gratis, berikut ini adalah materi editing video:

Cara Mendistribusikan Konten Video Promosi

Jika Anda sudah selesai membuat konten video promosi, langkah selanjutnya adalah mendistribusikannya agar banyak diketahui oleh orang. Oya, pastikan Anda mencantumkan nama domain website, dan kontan telpon (WA) danlain sebaginya denganjelas di video promosi tersebut agar orang mudah menghubungi Anda.

Selanjutnya:

  • Upload Video Promosi ke YouTube: Silahkan upload video promosi Anda ke YouTube, jangan khawatir meski Anda tidak punya Subscriber, tak menjadi soal. Tujuan utamanya adalah agar video promosi Anda mudah diakses dan dibagikan, karena ketika sudah ada di YouTube Anda bisa dengan mudah: Menyematkan Video Ke Website Anda, Membagikan Video Ke Sosial Media Kapanpun.
  • Sematkan Video Ke dalam Website: Buat Konten khusus baik itu di halaman depan (home) atau artikel-artikel khusus yang disematkan video sehingga hal ini bisa membuat daya tarik tersendiri bagi pengunjung website dan juga bisa dijadikan media untuk promosi.
  • Upload Video Ke Sosial Media Lainnya: Sekarang ini sosial media sudah memberikan fitur upload video dan streaming, sehingga memudahkan bagi Anda untuk berbagi video ke follower Anda.

 

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Ikuti Aktivitas Kami di Youtube, Free Tutorial!
klik di sini!