• Ini Dia 4 Penyebab Bisnis Online Gagal

Pada dasarnya bisnis online sama dengan bisnis-bisnis lainnya yang membutuhkan kesabaran, keuletan dan kerja keras. Banyak pelaku bisnis online yang menemui kegagalan, agar Anda dapat sukses membangun bisnis online Anda sendiri mari kenali 4 penyebab kegagalan bisnis online.

Semua dirangkum dalam video dibawah ini, silahkan ditonton sampai habis semoga bisa bermanfaat bagi siapa saja yang ingin membangun bisnis online.



 

 

Kurang Kesabaran

Kesalahan utama yang banyak dilakukan oleh mereka yang baru mulai berbisnis online adalah mengira bisnisnya akan booming, mereka menganggap bisnis online itu mudah. Banyak kisah sukses bisnis online yang mereka dengar membuat mereka lupa bahwa bisnis online sama dengan bisnis lainnya, yang membutuhkan kerja keras dan waktu untuk tumbuh.

Bagi Anda yang baru memulai bisnis online, jangan terlalu berharap pada tahun pertama bisa meraup keuntungan. Tahun pertama adalah tahun tersulit, karena disinilah Anda harus berkerja ektra keras membangun branding usaha. Melakukan promosi agar bisnis online dikenal oleh masyrakat luas, membangun networking agar dapat menjangka audiens yang lebih luas dan beragam.

Dan untuk semua itu dibutuhkan kesabaran, sering kali banyak pelaku usaha online gulung tikar pada tahun pertama dikarena tidak sabar dalam membangun branding bisnis. Pada tahun pertama ini jangan terlalu berharap dapat meraih keuntungan, terus lakukan promosi membangun branding lambat laun pada akhirnya bisnis Anda akan dikenal oleh masyarakat luas dan pada masa itu Anda baru dapat mulai berfokus pada penjualan.

 

Salah Menetapkan Target Pasar

Kesalahan yang sering terjadi pada pelaku bisnis ketika melakukan promosi, adalah pada menetapkan target pasar yang terlalu luas dan global. Untuk usaha yang sudah memiliki branding yang kuatm yang sudah dikenal oleh masyrakat luas teknik promosi sepert ini bisa berhasil. Namun menjadi terlalu sulit bagi usaha yang baru mulai, karenaya jangan menetapkan target pasar yang terlalu luas dan bersifat global.

Gunakan target lokal yang spesifik, kenali dulu produk Anda, siapa yang cocok menggunakan produk berdasarkan gender. Kemudian tetapkan usia, buat range berdasarkan usia siapa yang paling cocok menggunakan produk Anda.

Tetapkan juga demografis, jika Anda berada di Jakarta Selatan. Maka tetapkan target pemasaran di daerah jakarta selatan terlebih dahulu, baru perlahan melebar dan meluas.

Hampir semua jaringan periklan besar, seperti FaceBook Ads dan AdWords Google memiliki fitur untuk menetapkan target berdasarkan gender, usia dan demografis.

 

Tidak Quick Respon

Masih banyak yang tidak memahami internet, bahwa di internet kecepatan adalah segalanya. Begitu juga di dalam bisnis online, yang notabene dilakukan di internet. Maka membutuhkan kecepatan, kecepatan dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh calon pelanggan. Kecepatan dalam melakukan promosi, kesepatan dalam melakukan update produk , kesepatan dalam memberikan diskon dan banyak lagi.

Posisikan diri Anda sebagai seora ng calon pelanggan, yang memiliki pertanyaan terhadap produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan. Ketika Anda mengajukan pertanyaan, dan tidak segera direspon. Maka Anda sudah pasti akan beralih ke toko sebelah, dan jika toko sebelah lebih cepat dalam memberikan respon. Maka terjadilah transaksi di toko sebelah itu.

Karena pastikan Anda memikiki kecepatan dalam merespon pertanyaan dari calon pelanggan, di internet tingkat kecepatan yang ditoleris adalah 15 menit s/d 60 menit pada jam kerja. Jika Anda kurang cepat dalam merespon, maka sudah dapat dipastikan calon pelanggan akan beralih ke kompetitor Anda.

 

Kurang Asupan Ilmu Terbaru

Segalanya sedang berubah, sedang berkembang. Sedang tumbuh, begitu pula dengan internet dan teknologi pada umumnya. Oleh karenanya Anda selaku pelaku usaha online harus bisa mengupgrade kemampuan diri, Anda harus belajar dan terus belajar dari waktu ke waktunya agar bisa memanfaatkan perubahan yang terjadi untuk kemajuan bisnis Anda.

Sebagai contoh, beberapa tahun lalu orang masih menggunakan BBM untuk berkomunikasi. Sekarang ? BBM sudah tergusur oleh WA. Mau tak mau Anda harus belajar menggunakan WA, dan memanfaatkan WA untuk kebutuhan bisnis Anda.

Jika Anda adalah praktisi SEO, tentunya Anda mengerti jika alogritma google selalu berubah dari tahun ke tahunya. Dan jika Anda gagal membaca perubahan yang dilalilam oleh google, maka Anda akan gagal melakukan optimaliasi website bisnis Anda.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Ikuti Aktivitas Kami di Youtube, Free Tutorial!
klik di sini!