• Penyebab Website Gagal Dalam Mendongkrak Penjualan

Kenali Penyebab Kenapa Sebuah Website Gagal Dalam Mendongkrak Penjualan dan Mengembangkan Branding di Dunia Maya

 

Alasan utama seorang pelaku usaha untuk memiliki website adalah agar terjadi peningkatan penjualan, namun setelah memiliki website dan seiring waktu berjalan hampir satu tahun dimana domain dan hosting harus direnew namun website tidak berhasil mendongkrak penjualan.



Indikator sebuah website berhasil adalah terjadi peningkatan jumlah telpon dan email yang menanyakan tentang jasa atau produk yang ditawarkan, namun jika kedua poin tersebut tidak terjadi. Maka perlu kembali keberadaan website, dimana letak penyebab gagalnya sebuah website sehingga tidak berhasil memberikan yang diharapkan.

 

Perhatikan Aspek Design

Aspek design memegang peranan penting, design website tidak harus wah. Bahkan cenderung website dengan design wah sulit untuk dimengerti oleh pengunjung website dan jug asering kali menjadi lambat untuk loading karena banyak elemen yang harus diloading terlebih dahulu sebelum semua konten website benar-benar tampil sempurna.

Design clean dan simple masih menjadi design website terbaik, lihat design-design website yang dipergunakan oleh produk-produk google. Hampir semua design website mereka menggunakan design clean dan simple.

Design-design website seperti itu memudahkan pengunjung dalam menangkap isi konten dan dapat menelusuri halaman webiste dengan baik karena navigasi website terlihat dengan jelas dan tidak membingungkan.

Baca Juga: “Panduan Langkah Demi Langkah Cara Membuat Website Untuk Bisnis Kuliner Cukup Dengan Drag  and Drop Mouse Saja

 

Perhatikan Aspek Penyusunan Konten

Urusan konten ini memang yang paling susah, banyak pelaku usaha yang tidak tahu menyusun konten dengan baik. Namun untuk mudahnya kembali lihat website produk-produk google, lihat bagaimana mereka melakukan penyusunan dan penampilan konten.

Lihat juga kompetitor yang memiliki website profesional, lihat bagaimana mereka menyusun konten. Konten pada halaman home harus disusun sedemikian rupa sehingga ada tiga poin yang dapat dengan mudah dilihat oleh pengunjung, yaitu:

  • Apa Yang Sedang Ingin Dijual Oleh Website: produk atau layanan harus jelas, jika perlu tampilkan pada bagian awal dengan meggunkan box kontenatau penyusunan konten lainnya yang enak dilihat, sehingga pengunjung bisa langsung tahu apa yang sedang ditawarkan oleh website dan bis alangsung mengklik detail produk atau layanan yang mereka perlukan.
  • Profile Perusahaan Singkat: identitas perusahaan harus sudah terlihat mulai dari halaman home, mulai dari pemainan logo slogan hingga konten profile yang mengandung sejarah dan visi misi perusahaan sudah harus terlihat di halaman home agar pengunjung tahu kredebilitas perusahaan. Tujuannya agar bisa menumbukan rasa percaya pengunjung website untuk mengambil langkah selanjutnya yaitu menghubungi perusahaan.
  • Keberadaaan Perusahaan: maksunya adalah tempat keberadaan perusahaan sudah harus ada di halaman home website, pengunjung jadi bisa langsung mengetahui alamat dan domisili perusahaan. Plus, jangan lupa cantumkan nomor telpon yang mudah dihubungi agar pengunjung bisa mengontak. Upayakan nomor telpon perusahaan ada pada setiap halaman, setidaknya pada bgian footer website, khusus untuk bagian service atau produk harus dicantumkan nomor telon atau kontak sales department agar pengunjung bisa mudah bertanya –jawab.

 

 

Perhatikan Quick Respon

Respon yang cepat sering sekali menjadi permasalahan, banyak sekali pelaku usaha yang tidak menganut azas quick respon ini. Ada kontak via wa, sms, email atau telpon tidak langsung dijwab. Wal hasil, penanya tersebut yang sebenarnya bisa menjadi calon pelanggan (prospek) potensial perhi ke website (kompetitor) lain, dan ketika kompetitor memberikan respon yang cepat terhadap pertanyaan maka kesanalah calon pelanggan itu berlabuh.

 

Perhatikan SEO

SEO memang tidak bisa dipisahkan dari usaha online, sebuah website harus mendapatkan SEO yang bagus. Dan perlu diketahui SEO tidak hanya dilakukan satu kali, namun terus menerus. SEO membutuhkan perbaikan, membutuhkan koreksi agar semakin banyak keyword yang bisa masuk ke dalam hasil pencarian di Google, dimana dari hasil pencarian tersebut yang akan mendatangkan pengunjung potensial

Bagi pelaku usaha online, sebaiknya juga harus menguasai SEO. Bisa memulai dari membaca buku SEO dan mengikuti Kursus Online SEO.

Untuk buku SEO bisa membaca buku “Kitab SEO Pamungkas” dimana di dalam buku tersebut mengandung pelajaran dasar-dasar SEO yang komplet untuk pemula dalam mengerti dan memulai melakukan SEO untuk websitenya.

Sementara untuk mendalami SEO agar bisa tepat sasaran dan membuahkan hasil terbaik bisa mengikuti program kursus SEO online yang diberikan di website surahman.co.

 

 

Kesimpulan

Silahkan Anda perhatikan poin-poin diatas sebagai acuan dalam melakukan perbaikan terhadap website, jangan takut dalam merlakukan perombakan design dan konten website. Agar lebih mudah sebaiknya Anda membuat website sendiri.

Untuk Panduan membuat website, bisa mengikuti program e learning yang kami berikan. Dimana ada banyak panduan membuat website yang bisa Anda ikuti, semuanya gratis. Hanya cukup melakukan pendaftaran saja dan mulai belajar.

[Lihat Materi Program E learning Web Design]

 

Share on Google+Tweet about this on TwitterShare on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Mau Hosting cPanel Gratis ?
klik di sini!