• Panduan Cara Membuat Subdomain di cPanel

Belajar Hosting cPanel Panduan Cara Membuat Subdomain di cPanel

 

Bagi para web designer dimanapun satu yang terpenting dalam proses membuat dan mengembangkan website adalah hosting dan domain, untuk pengertian apa itu domain dan apa itu hosting silahkan membaca pada tiga artikel ini.



Sebelum masuk ke dalam panduan cara membuat subdomain, terlebih dahulu kita berkenalan dengan apa itu subdomain dan apa fungsinya di dalam website.

Subdomain adalah bagian dari sebuah domain yang dibuat untuk tujuan tertentu, dimana dengan seseorang memecah domain utama ke dalam anakan. Sebagai contoh domaian utamanya adalah perusahaansaya.com, ini adalah domain utama.

Yang kemudian dari domain utama tersebut akan dibuat menjadi subdomain atau anakan untuk tujuan membuat area khusus, semisal klien area yang diberi nama klien. Maka hasilnya akan menjadi klien.perusahaansaya.com.

Dengan membuat sub domain, seseorang bisa memecah domain induk menjadi beberapa domain anakan atau subdomain. Jumlah subdomain yang bisa dibuat mengikuti dari paket hosting yang digunakan.

 

Tujuan dan Kegunaan Dari SubDomain

Seperti yang sudah disinggung ditas pada domain utama yaitu perusahaansaya.com menampilkan informasi formal untuk kebutuhan website profile, sementara kemudian karena sesuatu hal dibutuhkan ruang tersendiri untuk kebutuhan klien.

Maka kemudian dibuatlah sebuah subdomain dengan nama klien, yang hasilnya adalah klien.perusahaansaya.com. Di dalam klien.perusahaansaya.com ini disi dengan sistem klien area yang ditujukan hanya untuk kebutuhan klien.

Antara klien.perusahaansaya.com dengan nama domain utama ada perbedaan fungsi dan juga file-file websitenya pun berbeda, dengan menggunakan subdomain bisa dijalankan dua website sekaligus yang masih-masing website berdiri sendiri-sendiri.

 

SubDomain Sebagai Sarana Untuk Uji Coba

Banyak juga WebMaster yang memanfaatkan sub domain untuk mengembangkan project tertentu atau project uji coba. Dimana mereka melakukan ini untuk uji coba sebelum mengembangkan project di domain sesungguhnya.

Subdomain ini bisa dimanfatkan untuk banyak hal, langsung saja untuk panduan lengkap bagaimana cara membuat sub domain silahkan melihat pada video tutorial dibawah ini.

 

Hosting Murah Untuk Para Profesional

Bagi Anda yang membutuhkan hosting untuk kebutuhan sehari-hari, dapat menggunakan layanan hosting murah yang ditawarkan oleh Dvipantara Hosting. Dimana banyak paket-paket hosting profesional yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

[Lihat Paket Hosting]

 

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Ikuti Aktivitas Kami di Youtube, Free Tutorial!
klik di sini!