• Cara Meng-cut Video di Movie Maker

Panduan Cara Cut, Split dan Hapus Video di Movie Maker, Cara Memotong dan Membuang Bagian Video Yang Tidak Diinginkan Dengan Movie Maker

 

Movie Maker adalah video editor classic yang banyak digunakan oleh pengguna Windows untuk melakukan editing video, meski Windows Movie Maker sudah tidak lagi dikembangkan oleh Microsoft bahkan Movie Maker sudah tidak bisa lagi di download melalui website Microsoft namun masih banyak orang yang menggunakan Movie Maker untuk editing video.




Bagi Anda yang membutuhkan panduan editing video dengan menggunakan Movie Maker, Anda bisa melihat materi panduan Windows Movie Maker yang kami berikan secara gratis. Salah satunya adalah cara untuk memotong atau meng-cut video dan membuang bagian video yang tidak diinginkan tersebut. Silahkan simak caranya pada video tutorial di bawah ini.

 

 

Panduan Windows Movie Maker Gratis

Bagi Anda yang masih membutuhkan panduan Windows Movie Maker, Anda bisa melihat dari materi panduan editing video dengan Movie Maker yang kami berikan secara gratis. Berikut ini adalah materi panduannya:

 

 

 

Sejarah Panjang Windows Movie Maker

Windows Movie Maker (sebelumnya dikenal sebagai Windows Live Movie Maker pada Windows 7) adalah perangkat lunak pengeditan video oleh Microsoft. Ini adalah bagian dari perangkat lunak Windows Essentials dan menawarkan kemampuan untuk membuat dan mengedit video serta mempublikasikannya di OneDrive, Facebook, Vimeo, YouTube, dan Flickr.

Movie Maker secara resmi dihentikan pada tanggal 10 Januari 2017 dan digantikan oleh Windows Story Remix yang dibuat dengan Microsoft Photos di Windows 10.

Windows Movie Maker telah menjadi sebuah software video editor sejuta umat pengguna Windows, berikut ini adalah sejarah panjang Movie Maker.

 

 

Rilis Awal

Rilis pertama Windows Movie Maker disertakan dengan Windows ME pada 14 September 2000.

Versi 1.1 disertakan dalam Windows XP setahun kemudian, dan termasuk dukungan untuk membuat file DV AVI dan WMV 8. Versi 2.0 dirilis sebagai pembaruan gratis pada November 2002, dan menambahkan sejumlah fitur baru. Versi 2.1, pembaruan kecil, disertakan dalam Windows XP Paket Layanan 2. Pembuat Film dalam Windows XP Media Center Edition 2005 memiliki lebih banyak transisi dan dukungan untuk DVD burning.

 

Windows Vista

Versi selanjutnya dari Movie Maker dirilis sebagai bagian dari Windows Vista dan – seperti kebanyakan komponen Windows – melaporkan nomor versi 6.0.6000, sama seperti Windows Vista itu sendiri. Pada versi tersebut termasuk efek dan transisi baru, dukungan untuk pemutaran di Xbox 360, dan dukungan untuk format file DVR-MS yang direkam Windows Media Center televisi. Versi HD dalam edisi Premium dan Ultimate Windows Vista juga menambahkan dukungan untuk menangkap dari camcorder HDV. Wizard penangkapan juga membuat file jenis DVR-MS dari kaset HDV. Namun, Windows Vista versi Windows Movie Maker menghapus dukungan untuk mengimpor video dari sumber video analog seperti camcorder analog, VCR atau dari webcam.

Karena beberapa sistem lama mungkin tidak dapat menjalankan versi baru Windows Movie Maker, Microsoft juga merilis versi lama 2.6 yang diperbarui untuk Windows Vista di Microsoft Download Center. Versi ini termasuk efek dan transisi lama, dan pada dasarnya sama dengan Windows Movie Maker 2.1, tetapi tanpa kemampuan untuk menangkap video. Instalasi memerlukan Windows Vista dan hanya ditujukan untuk digunakan pada komputer yang tidak dapat menjalankan versi akselerasi perangkat keras.

Versi Windows Presentation Foundation (WPF) dari Windows Movie Maker juga disertakan dalam beberapa pengembangan pengembangan Vista (pada saat itu diberi nama sandi “Longhorn”), tetapi dihapus dalam reset pengembangan pada Agustus 2004. Setelah pengembangan ulang, antarmuka untuk Windows Movie Maker berbasis WPF dipertahankan di Windows Vista.

 

Windows Live

Versi baru dari perangkat lunak, yang berganti nama menjadi Windows Live Movie Maker 2009, dirilis sebagai beta pada 17 September 2008, dan secara resmi dirilis sebagai produk yang berdiri sendiri melalui Windows Live Essentials suite pada 19 Agustus 2009. Ini adalah perangkat lunak yang benar-benar baru , karena tidak dapat membaca proyek yang dibuat oleh versi sebelumnya dan tidak mendukung transisi XML kustom yang ditulis untuk versi sebelumnya. Selain itu, banyak sekali fitur dihapus.

Selain itu, antarmuka Pembuat Film dirancang ulang dalam versi Windows Live untuk menggunakan pita pita yang mirip dengan Office 2007; itu juga menambahkan fitur seperti “Auto Movie” dan kemampuan untuk mengekspor video langsung ke DVD dan YouTube. Beberapa fitur lanjutan tertentu juga dihapus dari perangkat lunak, seperti stabilisasi gambar dan kemampuan merekam suara narasi.

Movie Maker 2009 mendukung Windows Vista dan Windows 7. Karena versi Windows Movie Maker yang sebelumnya tidak lagi disertakan dengan sistem operasi, satu-satunya cara untuk mendapatkan Movie Maker di Windows 7 dan yang lebih baru adalah melalui Windows Live Essentials suite, meskipun beberapa produsen sudah menginstal aplikasi ini di PC baru.

Versi terbaru, Windows Live Movie Maker 2011, dirilis pada 17 Agustus 2010, menambahkan fitur seperti pengambilan webcam, dukungan untuk video definisi tinggi, kemampuan untuk mengunggah video langsung ke SkyDrive dan Facebook, dan kemampuan untuk menambahkan file media disimpan di jaringan berbagi ke proyek.

 

Windows Movie Maker 2012

Dengan penghentian merek Windows Live (dan re-branding dari Windows Live suite sebagai Windows Essentials), Windows Movie Maker 2012 dirilis pada April 2012. Dukungan untuk merekam alih suara dipulihkan, bersama dengan mixer audio dan integrasi dengan beberapa layanan musik saham gratis. H.264 / MP4 menjadi format ekspor default (menggantikan Windows Media Video, tetapi masih dapat digunakan), dukungan untuk mengunggah ke Vimeo diperkenalkan, dan stabilisasi video yang dipercepat perangkat keras juga ditambahkan sebagai fitur eksklusif untuk pengguna Windows 8.

 

Penghentian dan penggantian

Movie Maker secara resmi dihapus untuk diunduh pada 10 Januari 2017. Seperti aplikasi Windows Essentials lainnya, Movie Maker sekarang digantikan oleh Windows Story Remix di Aplikasi Foto Windows 10.

 

 

Fitur-Fitur Utama Dalam Windows Movie Maker

Salah satu penyebab kenapa banyak orang yang suka menggunakan Windows Movie Maker, dikarenakan interface Movie Maker relative mudah digunakan. Bahkan awam sendiri sudah bisa menebak-nebak fungsi dari fitur Movie Maker. Dan ini adalah keunggulan tersendiri dalam Movie Maker sehingga bisa menjadi sangat populer. Berikut ini adalah fitur-fitur Windows Movie Maker:

 

Layout

Tata letak terdiri dari tampilan storyboard dan tampilan garis waktu, koleksi untuk mengatur video yang diimpor, dan panel pratinjau. Saat dalam tampilan Storyboard, proyek video muncul sebagai strip film yang menunjukkan setiap adegan dalam klip. Papan cerita / garis waktu terdiri dari satu ‘Video’ (dengan menyertai ‘Audio’ bar), satu ‘Music / Audio’ bar, dan satu ‘Judul / Kredit’ bar. Di setiap bilah, klip dapat ditambahkan untuk mengedit (mis., File musik .WAV akan menjadi milik bilah ‘Musik / Audio’). Gambar foto juga dapat diimpor ke timeline dan “direntangkan” ke sejumlah frame yang diinginkan. Bilah Video dan Musik / Audio dapat “dipotong” ke sejumlah segmen pendek, yang akan diputar bersama-sama dengan mulus, tetapi segmen individual diisolasi secara pengeditan, sehingga misalnya, volume musik dapat diturunkan hanya untuk beberapa detik ketika seseorang berbicara.

 

Mengimpor Rekaman

Ketika mengimpor rekaman ke dalam program, pengguna dapat memilih untuk Mengambil Video (dari kamera, pemindai, atau perangkat lain) atau Impor ke dalam Koleksi untuk mengimpor file video yang sudah ada ke dalam koleksi pengguna. Format impor yang diterima adalah .WMV / .ASF, .MPG (MPEG-1), .AVI (DV-AVI), .WMA, .WAV, dan .MP3. Selain itu, edisi Windows Vista Home Premium dan Ultimate Movie Maker mendukung pengimporan aliran Program MPEG-2 dan format DVR-MS. [14] Mengimpor format kontainer lain seperti MP4 / 3GP, FLV, dan MOV, dan AAC juga didukung jika codec yang diperlukan telah diinstal dan sistem menjalankan Windows 7 atau yang lebih baru.

Dalam versi XP, impor dan pengambilan video secara real-time dari sumber analog seperti VCR, camcorder analog berbasis kaset atau kamera web dimungkinkan. Fitur ini didasarkan pada akuisisi Windows Image. Dukungan video di Windows Image Acquisition telah dihapus di Windows Vista, akibatnya mengimpor rekaman analog di Windows Movie Maker tidak mungkin lagi.

Ketika mengimpor dari tape DV, jika opsi “Make Clips on Completion” dipilih, Windows Movie Maker secara otomatis menandai dimulainya setiap adegan, sehingga rekaman itu muncul di layar pengeditan sebagai kumpulan klip pendek, bukan satu panjang rekaman. Yaitu, pada setiap titik di mana tombol “Rekam” ditekan, “klip” baru dibuat, meskipun rekaman sebenarnya pada hard drive masih satu file kontinu. Fitur ini juga ditawarkan setelah mengimpor file yang sudah ada di hard drive. Pada versi Windows Vista, opsi “Make clips on completion” telah dihapus – klip sekarang secara otomatis dibuat selama proses pengambilan.

Efisiensi proses pengimporan dan pengeditan sangat bergantung pada jumlah fragmentasi file dari hard disk. Hasil yang paling dapat diandalkan dapat diperoleh dengan menambahkan hard disk ekstra yang didedikasikan untuk ruang awal, dan secara teratur memformat ulang / mendefragasinya, daripada hanya menghapus file pada akhir proyek. File AVI yang terfragmentasi menghasilkan pemutaran dendeng pada layar pengeditan, dan membuat proses rendering akhir lebih lama.

Meskipun dimungkinkan untuk mengimpor video digital dari kamera melalui antarmuka USB, kamera yang paling tua hanya mendukung versi USB 1 dan hasilnya cenderung buruk – “sub VHS” – kualitas. Kamera baru menggunakan USB 2.0 memberikan hasil yang jauh lebih baik. Kamera antarmuka FireWire akan memungkinkan perekaman dan pemutaran gambar identik dalam kualitas ke rekaman asli jika video tersebut diimpor dan kemudian disimpan sebagai file DV AVI, meskipun ini menghabiskan ruang disk sekitar 1 gigabyte setiap lima menit (12 GB / Hr). Atau, sebagian besar kamera DV memungkinkan file AVI akhir untuk direkam kembali ke pita kamera untuk pemutaran berkualitas tinggi. Beberapa perekam DVD yang berdiri sendiri juga akan langsung menerima input DV dari kamera video dan komputer.

 

Mengedit dan Menghasilkan

Setelah diambil, klip apa pun dapat diseret dan dibuang di mana saja pada garis waktu. Setelah berada di garis waktu, klip dapat diduplikasi, dibagi, diposisikan ulang atau diedit. Fitur AutoMovie menawarkan gaya pengeditan yang telah ditetapkan (judul, efek dan transisi) untuk membuat film dengan cepat.

File kamera asli pada hard drive tidak dimodifikasi; file proyek hanyalah daftar instruksi untuk mereproduksi file video keluaran akhir dari file asli. Dengan demikian, beberapa versi yang berbeda dari video yang sama dapat secara bersamaan dibuat dari rekaman kamera asli.

Versi sebelumnya dari Windows Movie Maker hanya dapat mengekspor video dalam format Windows Media Video atau DV AVI. [17] Ini termasuk beberapa profil yang telah ditetapkan, tetapi pengguna juga dapat membuat profil khusus. [18] Windows XP Media Center Edition membundel mesin Sonic DVD Burning, yang berlisensi dari Sonic Solutions, memungkinkan editor video untuk membakar proyek mereka dalam format DVD-Video pada DVD. Di Windows Vista, Windows Movie Maker meneruskan proyek video ke Windows DVD Maker.

Video dapat diekspor kembali ke kamera video jika didukung oleh kamera. Movie Maker juga memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan video yang sudah selesai di situs web hosting video.

Windows Movie Maker juga dapat digunakan untuk mengedit dan mempublikasikan trek audio. Jika tidak ada video atau gambar, Movie Maker memungkinkan pengekspor klip suara dalam format Windows Media Audio.

 

 

Efek dan Transisi

Windows Movie Maker mendukung berbagai macam judul, efek, dan transisi.

Judul adalah layar teks animasi, biasanya ditempatkan di awal atau akhir film, tetapi juga dapat ditempatkan di atas klip video. Judul dan kredit dapat ditambahkan sebagai judul yang berdiri sendiri atau melapisinya pada klip dengan menambahkannya ke klip yang dipilih. Judul berkisar dari judul statis (non-animasi) untuk terbang, memudar, spanduk berita, atau animasi koran berputar. Mereka juga dapat ditempatkan di klip video untuk membuat sub-judul.

Transisi mempengaruhi bagaimana satu klip video mengalir ke yang lain. Contohnya termasuk memudar dan larut, tetapi banyak transisi yang lebih spektakuler tersedia.

Efek mengubah cara klip video muncul. Contohnya termasuk memungkinkan kontrol kecerahan, kontras atau warna, tetapi efek yang lebih dramatis lainnya tersedia, seperti memberi kesan ‘lama’ berkilat hitam dan putih.

Versi 2.x termasuk dalam Windows XP termasuk 60 transisi, 37 efek, 34 judul dan 9 kredit animasi. Versi Windows Vista mencakup serangkaian transisi, efek dan animasi judul / kredit yang berbeda sambil menjatuhkan beberapa yang lebih tua. Ada semua 49 efek dan 63 transisi. Mereka diterapkan dengan menggunakan antarmuka seret dan lepas dari folder efek atau transisi.

Versi awal (V2 seterusnya) dari Windows Movie Maker memiliki antarmuka yang fleksibel sehingga memprogram efek kustom dan konten lain yang dimungkinkan melalui XML. Versi Windows Vista mendukung efek berbasis Direct3D. Microsoft juga menyediakan dokumentasi SDK untuk efek dan transisi kustom. Karena efeknya berbasis XML, pengguna dapat membuat dan menambahkan efek kustom dan transisi mereka sendiri dengan pengetahuan XML.

Banyak transisi khusus tersedia secara komersial dan menciptakan fitur tambahan seperti gambar-dalam-gambar.

Windows Movie Maker V6 tidak mendukung penyesuaian untuk efek dan transisi dengan cara yang sama seperti V2.x dan banyak penyesuaian harus ditulis ulang. Versi setelah V6 tidak mendukung transisi dan efek khusus sama sekali.

 

Penerimaan dan Kritik Dari Pengguna

Movie Maker 1.0, diperkenalkan dengan Windows Me, secara luas dikritik karena kurangnya fitur,  dan menyimpan film hanya dalam format file ASF Microsoft.  Penerimaan kritis versi 2.0 dan 2.6 sedikit lebih positif.

Banyak pengguna lama kecewa dengan penghapusan begitu banyak fitur dalam penulisan ulang efektif perangkat lunak dalam Live Movie Maker 2009. Beberapa fitur tersebut (seperti visualisasi tingkat audio) telah ditambahkan kembali.

Pada Juni 2008, sebuah memo yang konon oleh Bill Gates dari Januari 2003 diedarkan di Internet di mana dia sangat mengkritik proses pengunduhan untuk Movie Maker pada saat itu. Memo ini awalnya tersedia secara online.

 

Video Editor Gratis Tanpa Watermark Pengganti Windows Movie Maker

Jika Anda mencari pengganti Windows Movie Maker, tersedia cukup banyak software video editor gratis yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan editing video.

Kami juga telah membuatkan panduan terkait cara penggunaan video editor tersebut, berikut ini adalah video editor gratis tanpa watermark yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan editing video Anda.

 



Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Ikuti Aktivitas Kami di Youtube, Free Tutorial!
klik di sini!