• Trik SEO TokoPedia Agar Dagangan Makin Laris

Saya tidak memiliki lapak di TokoPedia, namun saya suka belanja online di tokopedia.  Berikut ini beberapa tips untuk pedangan ditokopedia dari kaca mata seorang pengguna dan praktisi SEO, silahkan digunakan dan dikembangkan lagi.

 



Perhatikan Judul / Nama Produk

Sistem pencarian dari mesin pencari tokopedia dan juga tentu saja dari google, masih membidik keyword yang ada pada judul atau nama produk di dalam listing e commerce (tokopedia). Oleh karenanya pastikan Anda mengisi judul dengan nama keyword yang dibidik, namun jangan inga terlalu over terlihat spam dan orang malah malas untuk membeli.

Contoh penulisan judul atau nama produk sesuai standar SEO: “Keyword + Brand + Fungsi + Karakter Promosi”. Tentu uruatannya tidak harus sama seperti itu, bisa disesuaikan dengan kebutuhan agar bisa terbaca lebih menarik dan natural. Contoh lainnya: “Brand + Keyword + Fungsi + Karakter Promosi” atau “Karakter Promosi + Fungsi + Keyword + Brand” dan seterusnya.

Implementasinya sebagai berikut, semisal Anda menjual produk “Batre Smartphone Samsung”. Kita akan gunakan contoh format “Keyword + Brand + Fungsi + Karakter Promosi”.

  • Keyword: Jual Batere
  • Brand: Samsung
  • Fungsi: Galaxy Note 4 N910H / N910
  • Karakter Promosi: 100% ORI BOSS!

Penuliasan judulnya akan jadi sepereti ini “Jual Batere Samsung Galaxy Note 4 N910H / N910 100% ORI BOSS!”.

Nah silahkan dikembangkan kembali penulisan judul, ingat judul jangan mengulang-ulang dan harus terbaca secara natural. Karena itu akan memberikan daya tarik tersendiri dari kaca mata pembeli karena tidak membingungkan, dan juga lebih efektiv di dalam mesin pencari tokopedia ataupun google karena tidak berkesan spam.

Contoh judul yang mengulang-ulang dan harus dihindari karena membingungkan dan bisa diindetifikasikan sebagai spam “Jual Batre Baterai Battery  SAMSUNG Galaxy  Note 1 ORIGINAL “, dari pada mengulang ulang kata  Batre Baterai Battery  jaduh lebih baik digunakan kata yang berbeda pada produk yang lain. Semisal kata batre, untuk produk A. Selanjutnya kata Baterai untuk produk B dan kata Battery untuk produk C, dan seterusnya lakukan ekperimen yang berbeda-beda untuk mendapatkan hasil yang maksimal namun tidak terjebak pada aksi spam dan membingungkan calon pembeli.

 

Perhatikan Penulisan Diskripsi Produk

Saya adalah satu orang yang paling .. paling .. paling .. Anti membeli, bahkan melihatpun saya malas pada produk-produk yang tidak memiliki diskripsi.  Atau ada diskripsi namun mengulang dari judul, hellloooooo …….

Sadarilah bahwa tokopedia atau e market place adalah toko virtual, calon pembeli tidak menyetuh produk secara langsung. Tentunya mereka harus memiliki gambaran yang  jelas terhadap produk yang mereka beli, pastikan cantumkan diskripsi yang memberikan kejelasan apa yang sedang Anda jual.

Mulai dari fungsi, dimensi, warna, garansi . . .  dan poin-poin lainnya.

Ketika saya mencari sebuah produk di dalam e marketi place, hal yang pertama saya baca adalah diskripsi. Jika diskripsi tidak memuaskan saya akan beralih ke produk yang lainya dari penjual yang lainnya.

 

 

Cantumkan Kontak WA Pada Kolom Diskripsi Produk

Jangan lupa cantumkan kontak WA pada kolom diskripsi, dimana ini akan sangat membantu. Pembeli tidak akan serta mereta langsung membeli begitu saja, apa lagi pada lapak yang belum pernah mereka beli sebelumnya.

Mereka akan cenderung, setidaknya saya. Melakukan kontak terlebih dahulu agar mengetahui apakah penjual atau seller pada lapak itu aktif dan responsive. Dengan terlebih dahulu melakukan chat viat WA dan mengirimkan pesan pada kolom pesan yang ada di tokopedia.

 

Menjawab WA, Pesan dan Chat Dengan Cepat

Kecepatan dalam merespon akan memberikan kepercayaan calon pembeli, oleh karenanya pastikan Anda menjawab semua pertanyaan yang mauk baik itu melalui wa chat, pesan atau chat di tokopedia.

 

Perhatikan Penempatan Photo

Yes, betul. Tokopedia dan e marketplace lainnya adalah toko virtual, oleh karenya kejelasan akan produk menjadi penting. Setelah diskripsi yang lengkap dan informatif, selanjutnya pastikan Anda memasang photo dari beberapa sudut yang berbeda untuk memberikan kejelasan bagi pengunjung.

Untuk photo bisa Anda ambil lewat smartphone, yang penting jelas dan diambil dari sudut yang berbeda. Jangan malas untuk memotret, pastikan Anda memotret produk Anda sendiri bukan ambil gambar dari google.

 

Fast Respon Kunci Sukses Berbisnis Online

Aturan dalam bisnis online adalah kecepatan, siapa cepat dia akan bisa memenangkan persaingan. Ingat bukan hanya Anda saja yang menjual di internet atau puluihan ratusaan bahkan mungkin ribuan pesaing lainnya.

Oleh karenanya kecepatan dalam merespon semua pertanyaan yang masuk akan bisa memberikan kepercayaan calon pembeli untuk membeli, dan pastikan jika sudah ada yang membeli Anda mengirim produk dengan cepat. Karena hal itu akan memberikan rasa puas pada pelanggan, dan jangan lupa packingnya juga harus bagus dan aman jangan asal-asalan.

Pembeli yang puas akan menjadi pelanggan, pelanggan yang puas akan menjadi pelanggan yang loyal.

Share on Google+Tweet about this on TwitterShare on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Mau Hosting cPanel Gratis ?
klik di sini!