• Ini Dia Cara Memotong Video di Windows Movie Maker

Ingin Tahu Cara Mengedit Video Yang Paling Mudah ? Simak Saja Tutorial Cara Memotong Video di Windows Movie Maker

 

Memang banyak sekali software editing video yang berfungsi untuk melakukan pekerjaan pemotongan bagian video, namun sayangnya software tersebut membutuhkan resource komputer yang cukup tinggi dan juga software tersebut adalah software premium alis berbayar.




Jika Anda menggunakan OS Windows, sebenarnya ada solusi mudah dan juga gratis dalam melakukan pengeditan video yaitu dengan menggunakan Windows Movie Maker (WMM). WMM ini adalah sebuah software editing video yang ringan, selain ringan WMM relatif sangat mudah untuk digunakan. Cocok untuk kebutuhan editing video buat pemula, bagi Anda yang ingin memepelajari penggunaan WMM untuk kebutuhan editing dasar video.

Kami memiliki panduan lengkap untuk penggunaan WMM ini, panduan dibuat dalam format video secara berseri dan dikemas untuk kebutuhan pemula.

Berikut ini adalah materi panduan penggunaan Windows Movie Maker Untuk Eding Video Bagi Pemula:

Kelebihan Windows Movie Maker

Jika aplikasi sudah mendukung fasilitas impor maka sudah dipastikan akan sangat bermanfaat dan akan disukai banyak orang. Dalam hal ini Microsoft Windows XP bisa digunakan untuk mengimpor klip video dari camcorder analog atau VCR dengan menggunakan adapter yang murah. Sebagai gambaran beberapa fasilitas yang didukung oleh proses ini adalah:

  • Mengimpor sebuah video hasil editing
  • Penggunaan Timeline yang memudahkan pengaturan video untuk diedit atau untuk digabungkan
  • Menggunakan aneka effect untuk mempercantik video
  • Memberi judul, musik latarbelakang, effect suara, dan narasi suara ke dalam video
  • Tampilan yang mudah di mengerti jika dibandingkan software video editing lainnya

Kekurangan Windows Movie Maker

  • Fitur-fitur editingnya tergolong dasar
  • Kurang effect canggih di dalam fiturnya
  • Hanya menyediakan satu layer video, jadi tidak bisa membuat overlay pada video
  • Hanya menyediakan satu layer suara, jadi tidak bisa memasang banyak suara di dalam satu video. Semisal untuk backsound dan narasi, untuk kebutuhan tersebut harus membuat narasi terlebih dahulu. Setelah narasi dibuat, video diexport. Dan baru kemudian dipasangi backsound jadi harus dua kali export.

Windows Movie Maker Sudah Tidak Tersedia Lagi Di Windows 10

Awal 2017, Microsoft mengumumkan telah menghentikan pengembangan Windows Movie Maker yang biasanya di-bundling dalam Windows Essential 2012. Meski telah memberikan pengumuman, namun sepertinya tidak banyak pengguna Windows 10 yang tahu.

Aplikasi legendaris tersebut telah diganti dengan software edit video lainnya, Story Remix yang di-bundling dalam Windows 10.

 

Solusi Editing Video Dengan Software Gratis Lainnya

Bagi yang ingin menggunakan alternatif lainnya, tersedia software editing video yang bagus dan kaya akan fitur. Software ini bisa digunakan secara gratis dan tanpa ada watermark, intinya ini software full gratis. Meski ada juga versi pronya yang menawarkan kelebihan, namun versi gratisnya sudah cukup untuk digunakan dalam melakukan editing video untuk aneka kebutuhan.

Software tersebut adalah VSDC, sama seperti Windows Movie Maker. Kami juga memberikan tutorial VSDC secara berseri, berikut ini adalah materi panduan VSDC yang bisa Anda pelajari secara gratis:

 

Dua Software Video Editor Gratis Yang Bisa Digunakan Selain Movie Maker

Selian Movie Maker, masiha da dua software video editor lainnya yang bisa digunakan secara gratis untuk editing video seperti memotong video, menyambungkan beberapa video, menggunakan green screen dan lain sebaginya. Kedua software berikut ini memiliki kemampuan yang lebih jika dibandingkan Movie Maker dan keduanya bisa digunakan secara gratis tanpa watermark.

 

OpenShot Video Editor Open Source Gratis

Openshot adalah video editor gratis berbasis Open Source, tidak ada pembatasan dalam OpenShot. Siapa saja bisa menggunakan OpenShot untuk kebutuhan editing dan manipulasi video. OpenShot adalah sebuah software yang dapat memotong  dan animasikan objek video Anda dengan solusi pengeditan video Open Source (sumber terbuka), OpenShot tersedia untuk Linux, Mac, dan Windows dapat didownload dan digunakan secara gratis tanpa ada watermark.

Openshot adalah perangkat lunak gratis dan Open Source (sumber terbuka). OpenShot dikelola oleh komunitas programmer yang sangat membantu dalam membuatnya tetap bekerja dan up to date. Ini memiliki berbagai transisi, dan bahkan memiliki add on untuk Firefox.

Seperti banyak perangkat lunak open source Openshot dapat menjadi buggy, dan kadang-kadang beberapa fitur tidak bekerja sebaik dalam perangkat lunak berbayar, tetapi jika Anda mengalami masalah, ada komunitas pengguna OpenShot yang cuku besar siap untuk membantu Anda dengan masalah apa pun terkait dengan OpenShot.

Pengguna OpenShot dapat membuat video dalam beberapa format berbeda dengan audio yang sangat kompleks dan inten. Openshot sangat cocok untuk seorang Youtuber dengan anggaran terbatas. Dengan alur kerja pengeditan sederhana, template efek yang mudah digunakan, perenderan video yang mudah, dan pengeksporan OpenShot bisa menjadi solusi dalam pengeditan video gratis tanpa watermark.

 

Persyaratan Sistem Minimal Untuk Menggunakan OpenShot

Pada dasarnya, Anda menginginkan komputer terbaik yang Anda mampu saat mengedit video. Berikut persyaratan sistem minimum komputer untuk menggunakan OpenShot:

  • Sistem Operasi 64-bit (Linux, OS X, Windows 7/8/10)
  • Prosesor multi-core dengan dukungan 64-bit
  • RAM 4GB (disarankan 16GB)
  • 500 MB ruang hard-disk untuk instalasi
  • Opsional: Solid-state drive (SSD), jika menggunakan disk-caching (dan tambahan 10GB ruang hard-disk)

 

Panduan Penggunaan OpenShot

Jika Anda tertarik untuk menggunakan OpenShot dan membutuhkan panduan untuk menggunakan OpenShot, kami memiliki panduan OpenShot yang bisa Anda pelajari secara gratis. Silahkan pelajari materi panduan editing video dengan OpenShot di sini!

 

 

VSDC Free Video Editor

Berbeda dengan OpenShot yang berbasis OpenSource, VSDC berbasis Corporate. Ada dua versi VSDC yaitu versi pro yang berbayar dan versi free yang gratis. VSDC versi freenya cukup kaya akan video dan bisa dihandalkan dalam proses editing dan manipulasi video, dan yang terpenting adalah VSDC versi free tidak memberikan watermark dan juga tanpa pembatasan durasi ekspor video.

VSDC Free Video Editor adalah sistem pengeditan non-linear (NLE) yang diterbitkan oleh Flash-Integro LLC.  Program ini dirancang untuk mengedit file video dan audio digital dalam berbagai format termasuk definisi definisi tinggi dan resolusi ultra-high-definition, menawarkan efek pasca produksi profesional, serta kemampuan untuk mengekspor dalam resolusi 4k, menangkap video dari layar, merekam suara , bakar cakram, simpan file multimedia ke sejumlah format yang didukung dan publikasikan di Facebook, Vimeo, YouTube, Instagram, dan Twitter.

VSDC Free Video Editor tidak memerlukan perangkat keras khusus untuk berjalan dengan baik, memungkinkan untuk beroperasi pada Windows 2000/2003 / XP / Vista / 7/8/10.

Tata letak terdiri dari area garis waktu, area adegan, bilah status, bilah akses cepat, alat pengeditan (alat standar, alat kertas, alat tata letak), bilah perintah dengan pustaka media (efek video dan audio, transisi), jendela properti, dan jendela sumber daya. Area timeline memiliki track by-frame / by-second dan layout layer yang dapat disesuaikan. Fitur urutan Wizard menawarkan efek transisi yang jelas dan mendefinisikan urutan objek digital di tempat kejadian.

Seorang pengguna dapat mengimpor video, audio atau gambar dari hard disk komputer, atau merekam video dari kamera dan layar komputer.

 

Format impor yang didukung

  • Format video: WebM, AVI, QuickTime (MP4 / M4V, 3GP / 2G2, Format File QuickTime), HDVideo / AVCHD (MTS, M2TS, TS, MOD, TOD), Windows Media (WMV, ASF, DVR-MS), DVD / VOB, VCD / SVCD, MPEG / MPEG-1 / DAT, Matroska Video (MKV), Video Media Nyata (RM, RMVB), Flash Video (SWF, FLV), DV, AMV, MTV, NUT, H.264 / MPEG-4, MJPEG, H265 / HEVC.
  • Format audio: MP3 / MP2, WMA, M4A, AAC, FLAC, Ogg, RA, RAM, VOC, WAV, AC3, AIFF, MPA, AU, APE, CUE, CDA, FLAC.
  • Format gambar: BMP, JPEG / JPG, PNG, PSD, GIF, ICO, CUR.

Objek digital apa pun dapat diseret dan dibuang di mana saja pada timeline. Setelah di timeline, video dapat diduplikasi, dibagi, dipotong, diredam, dipotong, dibalik, diputar, diputar mundur, diubah ukurannya, dan lainnya.

Kecepatannya dapat diperlambat atau ditingkatkan; audio dapat mengalami efek amplitudo dan penundaan, filter, tempo dan perubahan kurs, efek sebaliknya, dll .; warna dikoreksi dan ditingkatkan.

VSDC Free Video Editor memberikan kesempatan untuk menyimpan file output ke hard disk drive komputer dengan resolusi berdasarkan perangkat yang ditargetkan (PC, perangkat seluler, iPhone / iPod, MP3 / MP4, Blackberry, dll.), Sesuaikan bitrate, framerate , kualitas atau membakar ke disk DVD.

 

Format output yang didukung

  • Format video: AVI, DVD, VCD / SVCD, MPEG, MP4, M4V, MOV, 3GP / 3G2, WMV, MKV, RM / RMVB, FLV, SWF, AMV, MTV, Webm
  • Format audio: MP3, M4A, AAC, OGG, AMR, WAV
  • Format gambar: BMP, JPEG, PNG, GIF

 

Perangkat yang didukung:

Komputer pribadi, berbagai pemutar DVD, iPod / iPhone / iPad / iTunes, telepon seluler dan telepon pintar, Samsung, HTC, LG, Huawei, Google, Xiaomi, OnePlus, Sony PSP, Play Station, Xbox, smartphone Blackberry, Zune, Archos, iRiver, pemutar media Zen Kreatif, PC genggam Windows, dan pemutar MP3 / MP4 portabel lainnya, kamera aksi (termasuk GoPro Hero 4 dan 5) dan semua jenis drone.

VSDC adalah salah satu yang tercepat untuk mengekspor rekaman video 2,5 menit pada 60 fps dan 30 fps bila dibandingkan dengan editor video Windows gratis lainnya.

 

Persyaratan Sistem Minimal Untuk Menggunakan VSDC

Agar program berfungsi dengan benar, persyaratan sistem minimum berikut harus dipenuhi:

  • Sistem operasi: Microsoft Windows XP SP3 / Vista / Win7 / Win8 / Win10 (kami merekomendasikan untuk menginstal pembaruan terbaru dan paket layanan juga)
  • Intel, AMD atau prosesor yang kompatibel dengan frekuensi kerja di 1,5 GHz atau lebih tinggi
  • Resolusi layar: 1024×768 piksel dengan warna 16-bit atau lebih tinggi
  • RAM 256Mb untuk program ini
  • Microsoft DirectX 9.0с atau lebih tinggi
  • Setidaknya 50 MB ruang disk kosong
  • Instalasi dan aktivasi program memerlukan izin Administrator.
  • Koneksi internet diperlukan untuk mengaktifkan versi berbayar program

 

Panduan Cara Menggunakan VSDC

Bagi Anda yang tertarik menggunakan dan membutuhkan panduan VSDC untuk editing dan manipulasi video, kami sudah menyediakan panduan cara penggunaan VSDC secara gratis untuk siapa saja yang membutuhkannya.

Langsung klik di sini untuk mempelajari VSDC!

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Ikuti Aktivitas Kami di Youtube, Free Tutorial!
klik di sini!