• Ini Dia Cara Memotong Video di Windows Movie Maker

Ingin Tahu Cara Mengedit Video Yang Paling Mudah ? Simak Saja Tutorial Cara Memotong Video di Windows Movie Maker

 

Memang banyak sekali software editing video yang berfungsi untuk melakukan pekerjaan pemotongan bagian video, namun sayangnya software tersebut membutuhkan resource komputer yang cukup tinggi dan juga software tersebut adalah software premium alis berbayar.



Jika Anda menggunakan OS Windows, sebenarnya ada solusi mudah dan juga gratis dalam melakukan pengeditan video yaitu dengan menggunakan Windows Movie Maker (WMM). WMM ini adalah sebuah software editing video yang ringan, selain ringan WMM relatif sangat mudah untuk digunakan. Cocok untuk kebutuhan editing video buat pemula, bagi Anda yang ingin memepelajari penggunaan WMM untuk kebutuhan editing dasar video.

Kami memiliki panduan lengkap untuk penggunaan WMM ini, panduan dibuat dalam format video secara berseri dan dikemas untuk kebutuhan pemula.

Berikut ini adalah materi panduan penggunaan Windows Movie Maker Untuk Eding Video Bagi Pemula:

Kelebihan Windows Movie Maker

Jika aplikasi sudah mendukung fasilitas impor maka sudah dipastikan akan sangat bermanfaat dan akan disukai banyak orang. Dalam hal ini Microsoft Windows XP bisa digunakan untuk mengimpor klip video dari camcorder analog atau VCR dengan menggunakan adapter yang murah. Sebagai gambaran beberapa fasilitas yang didukung oleh proses ini adalah:

  • Mengimpor sebuah video hasil editing
  • Penggunaan Timeline yang memudahkan pengaturan video untuk diedit atau untuk digabungkan
  • Menggunakan aneka effect untuk mempercantik video
  • Memberi judul, musik latarbelakang, effect suara, dan narasi suara ke dalam video
  • Tampilan yang mudah di mengerti jika dibandingkan software video editing lainnya

Kekurangan Windows Movie Maker

  • Fitur-fitur editingnya tergolong dasar
  • Kurang effect canggih di dalam fiturnya
  • Hanya menyediakan satu layer video, jadi tidak bisa membuat overlay pada video
  • Hanya menyediakan satu layer suara, jadi tidak bisa memasang banyak suara di dalam satu video. Semisal untuk backsound dan narasi, untuk kebutuhan tersebut harus membuat narasi terlebih dahulu. Setelah narasi dibuat, video diexport. Dan baru kemudian dipasangi backsound jadi harus dua kali export.

Windows Movie Maker Sudah Tidak Tersedia Lagi Di Windows 10

Awal 2017, Microsoft mengumumkan telah menghentikan pengembangan Windows Movie Maker yang biasanya di-bundling dalam Windows Essential 2012. Meski telah memberikan pengumuman, namun sepertinya tidak banyak pengguna Windows 10 yang tahu.

Aplikasi legendaris tersebut telah diganti dengan software edit video lainnya, Story Remix yang di-bundling dalam Windows 10.

 

Solusi Editing Video Dengan Software Gratis Lainnya

Bagi yang ingin menggunakan alternatif lainnya, tersedia software editing video yang bagus dan kaya akan fitur. Software ini bisa digunakan secara gratis dan tanpa ada watermark, intinya ini software full gratis. Meski ada juga versi pronya yang menawarkan kelebihan, namun versi gratisnya sudah cukup untuk digunakan dalam melakukan editing video untuk aneka kebutuhan.

Software tersebut adalah VSDC, sama seperti Windows Movie Maker. Kami juga memberikan tutorial VSDC secara berseri, berikut ini adalah materi panduan VSDC yang bisa Anda pelajari secara gratis:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Ikuti Aktivitas Kami di Youtube, Free Tutorial!
klik di sini!