• Efek Green Screen Pada Video

Mau Menggunakan Efek Green Screen Pada Video? Dapatkan Panduan Cara Menggunakan Efek Green Screen Pada Video Dengan Menggunakan Software Video Editor Gratis

 

Dalam istilah sederhana, green Screen atau layar hijau adalah latar belakang berwarna hijau polos yang paling umum digunakan dalam fotografi dan videografi. Subjek utama difoto atau disyuting dengan latar belakang ini. Kemudian dengan menggunakan software video editor, latar hijau dengan green screen hijau itu diganti dengan latar lain sehingga bisa memberikan tampilan yang sama sekali berbeda pada video.




Sebagai contoh Anda sedang menceritakan tentang pantai, pada saat syuting Anda tidak benar-benar berada dipantai melainkan Anda berada didalam ruangan dengan latar belakang green screen. Kemudian setelah selesai syuting, dengan menggunakan sowftware video editor latar hijau itu diganti dengan latar pantai yang sedang Anda bicarakan. Anda bisa menggunakan latar photo atau video, dengan kemajuan teknologi Anda bisa membuat itu semua dengan mudah dan cepat.

Silahkan lihat panduan berikut ini bagaiamana menggunakan efek green screen pada video Anda, silahkan simak panduannya secara perlahan dari awal sampai akhir.

 

 

Software yang digunakan untuk melakukan editing di dalam video panduan diatas adalah VSDC, bagi yang belum mengethui VSDC adalah sebuah software editing video yang bisa digunakan secara gratis. VSDC kaya akan fitur, Anda bisa dengan mudah melakukan editing dan manipulasi video sendiri.

Meskipun gratis, VSDC tidak memberikan watermark. Anda bisa dengan leluasa menggunakan software yang satu ini untuk kebutuhan editing video Anda.

Download VSDC Gratis Di sini!

 

Panduan VSDC Lainnya

Bagi Anda yang membutuhkan panduan penggunaan VSDC untuk editing video, kami memiliki panduan yang bisa Anda pelajari. Salah satu contohnya adalah pada video ini, dimana Anda bisa memotong video dengan mudah dan cepat.

Selain dua panduan video diatas, masih banyak lagi panduan-panduan lainnya terkait cara menggunakan VSDC. Silahkan lihat materi panduannya berikut ini, semua materi panduan dapat dipelajari secara gratis oleh siapa saja.

Bagaimana Green Screen Meningkatkan Video Anda?

Kembali ke topik pembahasan yaitu green screen…….. bayangkan ini, Anda membuat video yang menggambarkan tempat-tempat yang Anda kunjungi pada liburan Anda. Kemudian dengan VSDC, Anda menggunakan efek green screen dan mengganti latar hijau dengan photo-photo atau video-video yang Anda ambil sewaktu liburan. Tentunya hasilnya akan jauh lebih menarik, ketimbang Anda membuat video dengan menggunakan slide show.

Jika Anda adalah seorang pengusaha yang mempromosikan produknya atau layanan jasa, ketika sedang membicarakan tentang keunggulan produk atau saja, misalnya. Kemudian dibagian latar yang semula menggunakan green screen, dirubah dengan menampilkan produk-produk yang ingin dipromosikan. Tentunya hasilnya akan semakin menarik, ditambah dengan backsound musik yang menunjang akan dapat menjadi video yang menarik untuk promosi. Untuk menambahkan backsound, panduannya silahkan lihat pada materi yang kami berikan diatas.

Bagaimana Membuat Green Screen Pada Studio Atau Ruangan

Anda bisa menggunakan kain hijau,  dengan ukuran yang cukup lebar dan disesuaikan dengan angel dari kamera itu sendiri. Idelnya kain rata dan halus, tanpa lipatan atau kerutan. Karena ini akan memudahkan nanti dalam proses pengeditan dalam software. Green Screen harus memiliki pencahayaan yang merata di seluruh permukaannya sehingga menyajikan satu nada tunggal tanpa gradasi, lagi-lagi untuk memudahkan dalam proses pengeditan nantinya. Dengan pencayaan yang bagus dan merata, maka pengeditan bisa menjadi sangat mudah.

Subjek berdiri di depan green Screen ini yang diterangi secara merata. Pencahayaan pada subjek harus dari dua atau tiga arah dan bayangan yang berbeda harus dihindari sejauh mungkin. Sering kali flek, atau cacat pada penggunaan efek green screen karena permasalahan bayangan ini.

Kemudian selanjutnya silahkan mulai syuting, dan jika sudah selesai. Silahkan pindahkan hasil rekaman ke dalam PC dan mulai menggunakan VSDC untuk mengedit dan menggunakan efek green screen seperti pada video pnduan diatas.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Ikuti Aktivitas Kami di Youtube, Free Tutorial!
klik di sini!