• Cara SEO Tokopedia Bikin Lapak Laris Manis Tanjung Kimpul Uang Kumpul

Ingin Lapak Tokopedia Laris Manis, Gunakan SEO Khusus Untuk Tokopedia. Simak Caranya Pada Artikel Ini Mudah dan Bisa Bikin Lapak Laris Manis

 

Trend berdangang di e market place macam tokopedia merambah ke seluruh Indonesia, banyak orang yang memanfaatkan e market place ini untuk mendulang pundi-pundi dengan berjualan online. Memang bukan rahasia jika berjualan di dalam e market place seperti tokopedia bisa menghasilkan keuntungan yang luar biasa, namun tentu saja harus diiring dengan perlayanan yang baik dan cepat.




Banyak orang yang gagal bermain di emarket place karena mereka tidak memberikan respon yang bagus, sehingga mengecewakan pembeli. Celakanya jika bermain di dalam e market place, pembeli bisa memberikan kesaksiannya dan jika pelayanan dari suatu toko atau lapak di dalam e market place buruk maka pembeli tersebut bisa memberikan kesaksian buruk dan memberi taring buruk pada e market place.

Tingkat kecepatan dalam menjawab pertanyaan yang masuk juga masuk dalam hitungan, smeua tercatat dengan jelas dan menjadi bukti reputasi sebuah toko atau lapak.

Sebelum membeli seseorang akan meneliti terlebih dahulu reputasi toko atau lapak, melihat rating yang diberikan oleh orang-orang yang sudah membeli terlebih dahaulu. Kemudian melihat kesaksian mereka yang sudah membeli, dan kemudian calon pelanggan akan mengirimkan pertanyaan baik lewat chat di dalam e market place atau mengirimkan pesan WA atau telpon melalui identitas toko aatau lapak yang diinput oleh penjual.

Jika dalam merespon tidak cepat, maka itu akan memberikan poin tersendiri bagi calon pembeli. Karena begitu banyak penjual di dalam sebuah e market place maka calon pembeli akan pergi ke toko atau lapak lainnya.

Itu adalah sedikit illustrasi hal-hal yang melatari kesuksesan sebuah toko atau lapak di dalam e market place tak peduli apapun itu lapaknya. Mudahnya coba posisikan diri Anda sebagai pembeli, apa yang Anda harapkan dari sebuah toko atau lapak?. Dan jawaban itu harus Anda berikan di dalam toko atau lapak Anda.

Sekarang kembali ke tema kita yaitu SEO Tokopedia . . . .

 

Cara Melakukan SEO Untuk Lapak Tokopedia

Saya tidka mempunyai lapak di tokopedia, namun saya mengamati bagaimana sisitem SEO e market place tersebut. Karena sehari-hari saya berprofesi sebagai Web Design dan SEO Service, jadi saya suka mengamati bagaiaman sebuah SEO berkerja untuk platform yang berbeda, termasuk untuk tokopedia.

Kenapa saya memilih e market place tokopedia untuk membahas tentang SEO ini?, jawabannya adalah karena saya lebih sering berbelanja ditokopedia. Dari proses saya berbelanja itu saya mengamati bagaimana SEO berkerja sehingga dapat membuat sebuah lapak lebih sering diketemukan oleh calon pembeli, semakin sering sebuah lapak diketemukan maka kesempatan terjadinya penjualan makin tinggi.

Meski banyak faktor yang menyebabkan seseorang calon pembeli memutuskan untuk membeli dari sebuah lapak, saya sudah jelaskan diatas perihal latar belakangnya.

Sebelum lanjut, saya ingin menjelaskan sedikit tentang apa itu SEO Tokopedia. SEO adalah sebuah upaya optimalisasi dengan mengoptimalkan meta agar sebuah website bisa mudah diketemukan oleh mesin pencari, pada umumnya adalah Google. Namun dalam tokopedia kasusnya berbeda, ada dua hal yang bisa dituju dari SEO Tokopedia. Yaitu:

Lapak Mudah Diketemukan Melalui Google

Ini adalah tujuan umum upaya SEO, meski dalam kasus untuk kebutuhan tokopedia agak berat. Karena ada keterbatasan karena banyak hal yang tidak mungkin dilakukan dengan bebas, karena pemilik lapak tidak bisa mengakses sumber kode website.

Agak berat bukan berarti tidak bisa dilakukan, bisa!. Kita akan bahas caranya sebentar lagi, cara SEO yang akan kita terapkan pada tokopedia sama baik itu untuk kebutuhan Google atau untuk kebutuhan pencarian internal tokopedia.

 

Lapak Mudah Diketemukan Melalui Pencari Internal Tokopedia

Kalau saya berniat berbelanja di tokopedia, maka saya akan mencari produk yang ingin saya beli melalui pencarian internal toko pedia. Dimana toko pedia menyediakan sisitem pencarian, yang akan memudahkan pengunjungnya untuk mencari suatu produk yang mereka inginkan.

Jadi sebenarnya saya lebih memfokuskan cara SEO tokopedia ini untuk kebutuhan pencarian internal tokopedia, namun dengan SEO yang dilakukan juga akan berdampak kepada hasil pencarian pada Google. Jadi sekali mendayung dua pulai terlampaui …..

 

Tips SEO Tokopedia Pertama: Penulisan Judul

Di dalam ilmu SEO ada yang nama meta title, ini adalah meta terpenting dalam SEO. Saya sertakan video panduan SEO terkait meta title, silahkan Anda lihat panduan tersebut agar Anda bisa mengerti dasar SEO. Meski Anda tidak punya website namun Anda akan bisa lebih mengerti SEO dan itu akan bisa berdampak positif bagi kemampuan Anda dalam mengutak-atik SEO untuk tokopedia.

 

 

Judul menjadi elemen terpenting, berdasarkan pengalaman saya mencari produk di tokopedia. Dari keyword pencarian yang saya masukan, produk yang keluar dalam hasil pencarian semuanya berasal dari judul yang sama persis atau mirip dengan keyword yang saya gunakan untuk mencari.

Oya yang saya maksudkan judul itu adalah nama produk, karenanya menjadi penting bagi Anda untuk menuliskan judul dengan kata-kata yang mengandung keyword.

Contoh penulisan judul atau nama produk sesuai standar SEO: “Keyword + Brand + Fungsi + Karakter Promosi”. Tentu uruatannya tidak harus sama seperti itu, bisa disesuaikan dengan kebutuhan agar bisa terbaca lebih menarik dan natural. Contoh lainnya: “Brand + Keyword + Fungsi + Karakter Promosi” atau “Karakter Promosi + Fungsi + Keyword + Brand” dan seterusnya.

Implementasinya sebagai berikut, semisal Anda menjual produk “Batre Smartphone Samsung”. Kita akan gunakan contoh format “Keyword + Brand + Fungsi + Karakter Promosi”.

  • Keyword: Jual Batere
  • Brand: Samsung
  • Fungsi: Galaxy Note 4 N910H / N910
  • Karakter Promosi: 100% ORI BOSS!

Penuliasan judulnya akan jadi sepereti ini “Jual Batere Samsung Galaxy Note 4 N910H / N910 100% ORI BOSS!”.

 

Jangan Mengulang-Ulang Keyword Dalam Judul karena Tidak Akan Berguna

Jangan mengulang-ulang keyword dalam judul, lebih baik gunakan keyword yang berbeda dalam judul. Pengulangan akan dianggap spam, saya tidak tahu persisi bagaimana algoritma pencarian di tokopedia mengenai pengulangan ini.

Namun untuk kebutuhan SEO tokopedia di Google, penggulangan itu buruk. Jika Anda ingin produk Anda juga bisa masuk ke dalam pencarian di Google maka gunakan cara penulisan yang natural.

 

Tips SEO Tokopedia Kedua: Penulisan Deskripsi Produk

Di dalam ilmu SEO dikenal dengan meta description, dimana ini adalah meta terpenting kedua setelah meta title yang sudah saya singgung diatas. Untuk meta description ini saya sertakan video panduannya, dimana Anda bisa pelajari agar Anda bisa mengerti bagaimana meta description ini berkerja untuk kebutuhan SEO.

 

 

Saya adalah orang yang paling anti membeli suatu produk dari sebuah lapak di e marketi place yang minim diskripsi, banyak … bahkan banyak banget lapak yang membuat kesalahan ini. Dimana mereka mengisi diskripsi produknya dengan mengulangi isi judul, atau bahkan tidak ada keterangan.

Malas sekali, niat berjualan online atau tidak?

Sadarkah mereka jika mereka itu sedang berjualan virtual, dimana orang tidak bisa melihat produknya secara langsung. Hanya dari photonya, banyak orang yang membutuhkan keterangan atau informasi lebih sebelum membutuhkan untuk menjual.

Silahkan Anda telusuri produk-produk di toko pedia, dan lihat produk-produk yang penulisan judul dan diskripsinya tidak bagus pasti lapaknya sepi. Satu hal lagi dari e market place bahwa kita selaku pembeli tidak bisa dibohongi, kita bisa tahu mana lapak yang ramai pembeli mana lapak yang sepi, lapak yang ramai pembeli akan memberikan kepercayaan yang lebih.

Sama seperti halnya ketika kita berbelanja secara real, toko yang lebih ramai pastinya membuat prioritas utama kita untuk berbelanja disana jika dibandingkan berbelanja ditoko yang sepi. Karena ada semacam kepercayaan yang timbul, tokonya ramai pasti produknya bagus. Warungnya ramai, pasti makannaya enak.

Jadi, tuliskan deskripsi dengan baik. Riset sedikit dari google mengenai informasi produk yang Anda jual. Cantumkan: KEGUNAAN, MANFAAT, UKURAN dan informasi lainnya yang terkait dengan produk. Jika Anda lakukan itu maka akan lebih banyak calon pembeli yang sudah menemukan lapak Anda akan makin pecaya.

Dan penulisan diskripsi yang baik akan membuat lapak Anda juga mudah diketemukan di Google, silahkan lihat bagaimana meta descripsi berkerja untuk SEO pada video  yang sudah saya berikan diatas.

 

Pasang Photo Yang Bagus dan Dari Banyak Sudut Pandang

Seperti yang sudah saya jelaskan, e market place adalah sebuah toko virtual. Orang tidak benar-benar bisa melihat produk yang Anda jual. Karenanya mereka perlu illustrasi yang lebih untuk membuat mereka dapat memutuskan untuk membeli.

Karenanya pastikan Anda memasang photo-photo yang bagus dan dari banyak sudut pandang, sehingga calon pembeli memiliki gambaran yang utuh. Semua informasi yang mereka dapat dari produk yang Anda jual itu. Mulai dari judul, deskripsi dan photo serta informasi kepemilikan lapak hingga kesaksian pembeli dan repotasi lapak akan menjadi bahan acuan untuk memutuskan apakah akan membeli dilapak tersebut ayau tidak. Semakin bagus informasi acuan yang dijadikan refrensi untuk memutuskan, maka akan semakin besar kesempatan untuk terjadinya transaksi pembelian.

 

Gunakan Bantuan Website atau Blog

Bagi Anda yang ingin mendapatkan kesempatan lebih untuk bisa meningkatkan penjualan, Anda bisa membangun sebuah website atau blog untuk menunjang lapak Anda di tokopedia. Anda tidak perlu membuat website atau blog dengan sistem e commece.

Website atau blog yang dibuat tersebut ditujukan sebagai pemancing, orang yang masuk ke dalam website atau blog tersebut jika mereka tertarik membeli mereka akan dibawa ke tokopedia untuk melakukan transaksi.

Anda bisa mengisi website atau blog tersebut dengan:

  • Data produk yang Anda jual
  • Gambar-gambar produk
  • Kesaksian, bisa diambil dari kesaksian pembeli di tokopedia
  • Informasi untuk bertanya jawab, seperti WA, telpon dan sebagainya

Kemudian di dalam bagian akhir dari keterangan produk yang Anda taru di dalam website atau blog, Anda berikan link dengan kata-kata “BELI PRODUK INI DI TOKOPEDIA KAMI” dan ketika diklik akan masuk ke produk Anda yang berada di tokopedia.

 

Kuasai SEO Jika Ingin Website atau Blog Sukses

Promosikan juga website atau blog Anda tersebut ke dalam sosial media milik Anda, namun yang terpenting adalah website atau blog harus dioptimalkan agar mudah diketemukan oleh pencari informasi melalui Google.

Untuk bisa melakukan optimalisasi website atau blog, Anda membutuhkan keahlian SEO. Untu SEO Anda bisa peljari secara gratis, klik di sini untuk belajar SEO gratis!.

Sementara untuk menuat website atau blog Anda bisa mempelajari secara gratis, kami memiliki banyak jenis panduan pembuatan website yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan Anda. Silahkan pilih yang paling mudah untuk Anda, untuk itu silahkan telusuri informasi dan materi panduannya di sini!.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Ikuti Aktivitas Kami di Youtube, Free Tutorial!
klik di sini!