• Buku Cara Membuat Jasa Web Design Sendiri

Sedang Mencari Cara Untuk Membuat Jasa Layanan Web Design Sendiri? Dapatkan Panduannya Dalam Buku “Menjadi Web Entrepreneur, Siapa takut?” Karya Su Rahman

 

Pada tahun 2007 saya mulai memberikan jasa pembuatan website, dimana pada waktu itu saya masih belajar dalam membuat website. Meski saya sudah bisa membuat website namun ilmu pembuatan website yang saya kuasai masih amat terbatas. Sambil menjalankan usaha jasa pembuatan website, saya terus belajar mengasah kemampuan dalam membuat website.




Perkenalan saya dengan dunia internet diawali melalui Komputer Rusak, dimana komputer saya rusak. Komputer itu biasanya saya gunakan untuk main game, dan untuk menulis jurnal harian. Saya masih belum berpikir tentang web design, bahkan pada waktu itu email sayapun belum punya.

Percaya atau tidak percaya Google bagi saya pada waktu itu seperti alien, mahluk luar angkasa berwarna hijau dengan bentuk aneh. Saya sama sekali tidak tahu apa itu Google, saya pernah mendengar dan membacanya dari majalah-majalah IT namun saya belum pernah menggunakan Google sama sekali.

Kembali ke komputer yang rusak, karena keterbatasa dana untuk service komputer. Maka saya kemudian mulai belajar, dimana pada waktu itu permaslaahan komputer adalah hardisk yang bad sector. Dimana hardisk tersbeut sudah rusak dan harus diganti, dimana membuat komputer hang dan kemudian program-program yang diinstal di dalamnya hilang.

Awal yang saya pelajari adalah menginstal OS Windows, belajar melakukan peformatan DOS. Percayalah jaman itu segala sesuatunya lebih ribet jika dibandingkan sekarang, karena masih menggunakan FLOPY DISK. Yang rentan sekali untuk rusak, OSnya sendiri adalah WINDOWS 95. Namun setidaknya saya lebih beruntung karena Windows 95 lebih mudah, jika dibandingkan dengan Windows 3. Saya sering mendengar cerita tentang Windows 3.

Dari komputer yang rusak itu saya mulai belajar tentang komputer, wal hasil saya bisa mengganti hardisk komputer. Bahkan saya bisa merakit komputer sendiri, saya mulai melakukan jual – beli komputer bekas dan jasa reparasi komputer termasuk jasa instalasi.

Dari satu kejadian ke kejadian berikutnya membawa saya ke ranah yang bernama internet, dan sugguh luar biasa. Samapai sekarang saya masih terkagum-kagum dengan apa yang bisa disajikan oleh internet, benar-benar tanpa batas.

Dari sisi kegiatan usaha internet memberikan peluang yang juga tidak terbatas, banyak hal yang bisa menghasilkan uang dari internet. Bahkan buat mereka yang tidak punya produk atau jasa pun bisa mendapatkan uang dari internet, tentu saja asalkan tahu caranya.

Kata kunci di internet adalah “Tahu Ilmunya” maka seseorang akan bisa menggunakan internet untuk keuntungannya, termasuk saya. Diamana kemudian saya mulai berkenalan dengan dunia website. Diamna perkenalan saya tersebut berasal dari kegemaran saya membaca, saya gemar sekali membaca. Saya langganan perpusatakaan, dan setiap seminggu sekali atau minimal sebulan dua kali saya pergi ke toko buku gramedia.

Muter-muter titoko buku gramedia, baca-baca sebanyak mungkin buku. Dan beli satu buku yang paling bagus menurut saya, gramedia adalah toko yang menjadi pavorit saya.

Melalui lembaran buku “Aplikasi Web Database dengan Dreamweaver MX 2004“ buah karya dari Stendy B. Sakur, saya mengenal dunia web design. Sebelumnya saya sudah membaca banyak buku tentang web design, karena entah kenapa ada ketertarikan dengan dunia yang satu ini. Ada semacam rasa penasaran bagaimana sebuah website itu dihasilkan, bagaimana kemudian menaruh website itu ke intenet. Dan segudang pertanyaan lainnya, meski sudah tahu cara menggunakan Google namun untuk mencari tutorial di dunia maya masih mahal. Karena untuk akses internet memang pada waktu itu masih mahal, warnet pun masih belum begitu banyak. Jadi buku adalah sumber belajar paling murah dan efisien.

Melalui buku “Aplikasi Web Database dengan Dreamweaver MX 2004” saya mulai menekunin web, melalui buku dan juga internet di warnet saya mulai belajar dan belajar hingga saya bisa membuat website dengan baik dan mengonlinekannya.

Berbekal pengalaman itu, saya mencoba untuk membuat website yang berisikan jasa layanan pembuatan website. Konsepnya masih amburadul waktu itu, masih belum terpikirkan. Asal jalan saja, dan saya terkejut sendiri dengan hasilnya.

Ternyata menjadi web designer bisa menghasilkan uang, dan kemudian saya mulai memperbaiki konsep jasa layanan pembuatan website.

Jika saya bisa terinspirasi oleh sebuah buku, dan mulai melakukan sesuatu hal untuk kehidupan saya dan menjadi suatu pengalaman panjangan yang memiliki arti. Maka saya meyakini pasti ada juga orang-orang seperti saya yang sedang membutuhkan jawaban atau sesuatu hal, dan saya kemudian berbagi pengalaman saya melalui lembaran buku sejak tahun 2011.

Buku-buku yang saya tulis tersebut adalah berdasarkan pengalaman pribadi saya, termasuk di dalam buku ini. Saya ingin berbagai bagaimana caranya membuat jasa layanan website design, karena di dalam proses membangun jasa pembuatan website banyak kesalahan yang saya lakukan. Dengan buku ini saya berharap mereka yang ingin belajar membuat website tidak mengulangi kesalahan yang saya lakukan, semoga buku ini bisa dijadikan refrensi dalam membangun jasa layanan pembuatan website.

Tidak semua pengalaman bisa saya tuangkan di dalam lembaran buku ini, saya hanya berbagi yang utama dan bersifat mendasar saja.

Semoga apa yang saya sajikan di sini bisa bermanfaat bagi siapa saja yang ingin mendirikan jasa usaha layanan pembuatan website.

 

Selengkapnya dapat Anda baca pada buku yang berjudul “Menjadi Web Entrepreneur, Siapa takut?”, untuk membeli secara online klik di sini!

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Ikuti Aktivitas Kami di Youtube, Free Tutorial!
klik di sini!