Butuh Aplikasi Edit Video Open Source, Gunakan Tiga Aplikasi Edit Video Open Source Terbaik Ini

Editing video adalah merupakan keahlian yang dibutuhkan diera multimedia seperti sekarang ini, untuk bisa melakukan editing video dibutuhkan video editor. Sayangnya video editor yang tersedia dipasaran adalah video editor premiuam atau video editor berbayar. Harganya terlebilang tidaklah murah, bagi pemula yang baru ingin belajar editing video hal tersebut sangat memberatkan.

Namun jangan khwatir, bagi yang belum tahu sudah tersedia tiga video editor open source yang bisa digunakan, tiga aplikasi edit video open source ini bisa digunakan secara gratis. Tanpa adanya pembatasan, tanpa adanya watermark. Ketiganya memiliki fitur editing video yang bisa membantu pemula menjadi mahir dalam melakukan editing video, bagi yag ingin tagu berikut ini ketiga aplikasi edit video open source terbaik:









 

ShotCut

Shotcut adalah aplikasi edit video open source yang populer, dimana ShotCut ini memiliki fitur editing yang kaya. Dengan ShotCut penggunakan bisa dengan mudah dan cepat dalam melakukan editing dan manipulasi video.

Shotcut adalah perangkat lunak pengeditan video lintas platform gratis, sumber terbuka, yang dapat Anda gunakan di Windows, macOS, dan Linux. ShotCut menyediakan timeline pengeditan yang mudah digunakan.

Editor video Shotcut mendukung Desain Blackmagic untuk input, pemantauan pratinjau, dan resolusi video 4K. Ini sepenuhnya gratis tanpa iklan.

Interface Shotcut nampak lebih rumit daripada perangkat lunak pengeditan video komersial lainnya. Namun, setelah Anda membuka file video dan mengklik tombol timeline, ini akan terlihat seperti editor video biasa dengan klip sumber di panel kiri atas, jendela pratinjau di kanan atas, dan garis waktu di bagian bawah.

Anda dapat melepaskan panel dan menyesuaikan antarmuka – ini sangat nyaman pada sistem dengan banyak monitor.

Interface memiliki satu jendela utama, yang memudahkan Anda menggunakannya karena semua alatnya ringkas dan tertata dengan baik. Saat membuat perubahan, Anda dapat langsung melihatnya dan tidak perlu mengklik jendela tambahan apa pun. Anda dapat menyesuaikan hasil edit Anda, menambahkan filter dan banyak alat lainnya langsung.

Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari cara menggunakan ShotCut untuk editing video, Anda bisa langsung mempelajari melalui materi editing video dengan ShotCut berikut ini:

 

 

Olive

Olive video editor ini adalah aplikasi edit video open source yang kerap kali jadi handalan para YouTuber pemula, dimana mereka bisa dengan mudah dan cepat dalam melakukan editing video dengan menggunakan Olive.

Jika dibandingkan dengan ShotCut, interface Olive ini relative lebih ramah pengguna. Meski dari sisi fitur editing, ShotCut lebih kaya. Namun dari sisi ringan, Olive lebih ringan jika dibandingkan dengan ShotCut. Dimana ShotCut lebih membutuhkan ram yang lebih.

Olive adalah editor video open source baru yang sedang dikembangkan. Editor video non-linier ini bertujuan untuk memberikan alternatif gratis untuk perangkat lunak pengeditan video profesional kelas atas.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba Olive dan ingin mempelajari cara penggunaan Olive untuk editing video, Anda bisa langsung melihat melalui materi panduan editing video yang kami berikan berikut ini:

 

 

 

Kdenlive

Selain ShotCut dan Olive, ada satu lagi aplikasi edit video yang diunggulkan oleh para pengguna linux yaitu Kdenlive. Awal kemunculannya, Kdenlive hadir sebagai video editor untuk linux. Dan seiring waktu kdenlive tersedia untuk windows, meski awal kemunculannya di windows Kdenlive tidak menunjukan performa yang bagus. Dimana Kdenlive sering crach atau hang secara tiba-tiba, namun seiring waktu pengembangnya menyempurnahkan Kdenlive agart bisa berjalan di windows sama baiknya dengan Kdenlive linux.

Nah, bagi Anda penguna windows, Anda sekarang bisa mencoba untuk menggunakan kdenlive dalam projek-projek editing video Anda. Untuk panduan cara penggunaan Kdenlive Anda bisa mempelajari melalui materi panduan editing video yang sudah kami sediakan secara gratis berikut ini:

 

 

Demikian tiga aplikasi edit video Open Source terbaik yang bisa Anda gunakan untuk memulai belajar editing video, dimana skil editing video sangat dibutuhkan di dalam era multimedia sekarang ini. Ketiga aplikasi editing video tersebut memiliki kekuarangan dan kelibihan masing-masing, tentu saja setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Anda yang lebih suka dengan Olive, ada yang lebih suka dengan ShotCut. Dan tak sedikit yang lebih suka dengan Kdenlive, apapun pilihan Anda yang terutama adalah Anda menguasai cara penggunaannya.

Ketika sudah memahami cara penggunaanya, maka Anda akan bisa menggunakanya untuk kebutuhan Anda. Silahkan diekplorasi, semoga panduan yang kami berikan bisa membantu Anda dalam menguasi seni editing video.