• Panduan Membuat Website dengan WordPress

Sebuah Panduan Langkah Demi Langkah Membuat Website dengan WordPress

 

Mari kita berkenalanan terlebih dahulu dengan WordPress, dimana WordPress memiliki sejarah yang cukup panjang.  Awalnya Michel Valdrighi seorang programer dari prancis mengembangkan b2/cafelog yang merupakan cikal bakal WordPress, kemudian pada tahun 2002 Michel berhenti mengembangkan b2.



Merasa sayang dengan project b2, kemudian Matt Mullenweg yang merupakan pengguna dari b2 melanjutkan pengembangan project tersebut dan merubah nama b2 menjadi WordPress.  Pada tahun 2003 Matt Mullenweg yang dibantu oleh Mike Little merilis WordPress, pada waktu itu WordPress masih ditujukan untuk platform pembuatan blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL.

 

WordPress Berbasis Open Source

WordPress sendiri berbais OpenSource atau perangkat lunak dengan sumber terbukan, artinya siapa saja bisa menggunakan dan memodifikasi WordPress. Ada dua versi WordPress, yaitu WordPress.com dan WordPress.org.

Pengguna WordPress juga bisa mengupgrade versi WordPress yang mereka gunakan ke versi WordPress terbaru secara gratis, sehingga pengguna dapat menikmati fitur terbaru WordPress secara gratis.

 

Baca Juga: Seminar WordPress Online Berisikan Pengertian Fungsi dan Kegunaan WordPress Untuk Bisnis Online Sehari-Hari

 

Pengertian WordPress.Com

WordPress.com merupakan situs layanan pembuatan blog gratis yang menggunakan WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar pada situs WordPress.com, pengguna tidak perlu melakukan instalasi atau konfigurasi apapun, singkatnya pengguna tinggal pakai saja.

Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar yang sudah disediakan oleh WordPress.com. Sehingga pengguna tidak dapat menambahkan fitur apa pun ke dalam sistem WordPress, pengguna hanya bisa menggunakan fitur yang sudah disediakan saja.

Dengan sistem multi user pengguna dapat mengoperasikan blog atau website yang dibuat dengan WordPress.com melalui sub domain yang dipilih oleh pengguna, semisal blog saya.wordpress.com. Pengguna tidak bisa menggunakan nama domain sendiri, jika pengguna ingin mengguna ingin menggunakan nama domain sendiri maka pengguna harus mengupgrade ke versi berbayar dan dari sinilah perusahaan Automattic yang berada dibelakang WordPress mendapatkan keuntungan.

Pengertian WordPress.Org

Bagi mereka yang ingin membuat website sendiri dengan menggunakan WordPress, dan ingin memiliki akses sepenuhnya terhadap sistem CMS WordPress maka bisa menggunakan WordPress.org ini.

Berbeda dengan WordPress.COM, dimana seseorang dapat langsung pakai. Pada WordPress.org seseorang harus memiki domain dan hosting untuk bisa menggunakan software CMS WordPress. Dimana software CMS WordPress tersebut harus diinstal di dalam hosting, ini juga kenapa WordPress.org sering juga disebut dengan wordpress self hosted.

Baru setelah selesai diinstal seseorang bisa melakukan konfigurasi dan mendesign website dengan menggunakan CMS WordPress ini secara bebas.

Selama memiliki kemampuan seseorang bisa menggunakan software CMS WordPress dari WordPress.org ini untuk membangun website jenis apapun, software CMS WordPress ini berbasis OpenSource bisa digunakan oleh siapa saja dan untuk kebutuhan apa saja.

Pengguna bisa mengganti design website dengan menginstal aneka theme WordPress yang diinginkan, dan pengguna bisa juga menambahkan aneka plugin ke dalam sistem WordPress tersebut. Tidak ada batasan dalam hal pengembangan website, bahkan bagi mereka yang menguasai pemograman PHP dapat memodifikasi sistem scripting CMS WordPress untuk disesuaikan dengan kebutuhan, bahkan bisa melakukan white lable.

 

Yang Dibutuhkan Untuk Menggunakan WordPress.ORG

Bagi yang ingin membuat website untuk kebutuhan bisnis, sebaiknya menggunakan WordPress.ORG karena banyak keunggulannya, jika dibandingkan menggunakan WordPress.COM. Bagi yang ingin menggunakan WordPress.ORG tentunya ada beberapa hal yang perlu dipersiapakan, berikut ini adalah point-pointnya.

 

1) Domain

Saya pribadi tidak terlalu mementingkan pengertian dari domain, secara singkat menurut saya domain ibarat sebuah alamat kantor. Sementara hosting adalah kantornya, jadi kalau mau menuju kantor itu harus lewat jalan alamat domain.

Tentu karena di internet diberikan ketentuan dalam membuat alamat, semisal www.surahman.co, www.c-4webdesign.com, www.wordpress-theme.asia, www.hosting-gratis.biz dan seterusnya. . . .

Perihal domain dan bagaimana cara membelinya kita akan bahas pada materi video yang berbeda, jadi silahkan Subscribe dan aktifkan tanda lonceng agar ketika ada materi baru Anda bisa mendapatkan notifikasinya.

 

2) Hosting

Secara singkat menurut saya hosting adalah kantor, di dalam kantor ini berisikan (tersimpan) file-file website. Dimana ketika ada orang mengakses alamat kantor, dengan mengetikan nama domain pada browser maka file-file tersebut akan terlihat dalam bentuk halaman website.

 

3) Dan Pengetahuan Penggunaan CMS WordPress

Domain dan Hosting tersebut adalah dua poin wajib yang harus Anda siapkan sebelum bisa menggunakan WordPress.ORG, setelah memiliki domain dan hosting langkah selanjutnya Anda baru bisa menginstal WordPress dan mulai mendesign website.

Untuk kebutuhan itu Anda harus mengetahui caranya, WordPress sebenarnya adalah CMS yang paling mudah untuk digunakan. Banyak pemula yang mampu membangun website profesional dengan menggunakan WordPress, namun tentu saja harus tahu caranya.

Untuk kebutuhan itu Anda bisa mengikuti program e learning pembuatan website dengan WordPress yang kami berikan secara gratis, benar! Panduan pembuatan website ini gratis. Anda hanya cukup melakukan pendaftaran saja dan selanjutnya login ke dalam akun yang Anda daftarkan tersebut dan bisa mulai belajar dari panduan yang kami berikan secara gratis. Anda bisa mengakses dan  mempelajari semua panduan secara streaming darimana saja dan kapan saja.

 

Cara Belajar WordPress Gratis

Bagi Anda yang ingin belajar membuat website sendiri dengan menggunakan WordPress.Org bisa mengikuti program e learning yang sudah kami sediakan, dimana Anda akan dipandu langkah demi langkah dalam proses belajar membuat website sendiri dengan menggunakan CMS WordPress ini.

Jangan khawtair, program e learning pembuatan website dengan WordPress tersebut kami berikan secara percuma alias gratis. Yang dibutuhkan hanyalah mendaftar, setelah mendaftar selanjutnya login ke dalam akun dan mulai belajar dari materi video yang diberikan.

[Belajar Sekarang]

 

Tips Agar Sukses Belajar dan Berhasil Membuat Website Sendiri Dengan WordPress

Panduan disusun sedemikian rupa langkah demi langkah untuk kebutuhan pemula, panduan diberikan secara berseri sehingga memudahkan bagi peserta dalam proses belajar membuat website. Karenanya menjadi penting untuk belajar secara berututan sesuai dengan penyajian materi, lakukan proses belajar secara perlahan jangan meloncat-loncat. Ikuti setiap proses yang diberikan di dalam panduan, dan Anda pasti akan bisa membangun website sendiri dengan menggunakan WordPress.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Ikuti Aktivitas Kami di Youtube, Free Tutorial!
klik di sini!