Panduan Memasang Iklan di Google Ads

Bagi para pembaca buku-buku saya, terutama buku SEO, tentunya sudah tak asing lagi dengan Google Ads atau sebelumnya dikenal dengan Google AdWord.  Google Ads merupakan jaringan periklanan milik Google yang biasa dimanfaatkan oleh internet marketing untuk mempromosikan layanan usaha di dunia maya.

Di dalam buku-buku SEO yang saya tulis saya membahas sekilas terkait dengan Google Ads ini, namun sepertinya pembahasan itu tidaklah cukup. Saya banyak mendapatkan permintaan untuk membahas tentang Google Ads, terutama ketika sedang memberikan workshop SEO. Akan tetapi karena satu dan lain hal saya baru sempat untuk mengulas tentang Google Ads sekarang.

Sebenarnya mamang antara Google Ads dan SEO ini tidak bisa dipisahkan. Bagi praktisi internet marketing, menguasai teknik periklanan Google Ads dan SEO adalah merupakan suatu keharusan.

 









 

Apa Itu Google Ads dan Apa Manfaatnya Bagi Pelaku Usaha?

Seperti yang sudah saya jelaskan di dalam buku-buku SEO saya, jika SEO itu membutuhkan waktu untuk bisa membuat website dapat diketemukan melalui pencarian di mesin pencari Google. Sambil menunggu proses optimalisasi website membuahkan hasil, pemilik website bisa menggunakan Google Ads untuk mempromosikan websitenya.

Dengan Google Ads ini Anda bisa menjaring pengunjung potensial tertarget ke dalam website sehingga pintu kesempatan terjadinya penjualan bisa terbuka lebar.

Melalui Google Ads ini pemilik website bisa memasang iklan dengan menargetkan audiens berdasarkan parameter target tertentu, semisal: berdasarkan target keyword, berdasarkan target demografi, berdasarkan target usia dan gender.

Yang terpenting adalah dengan Google Ads ini memungkinkan seseorang bisa menempatkan websitenya di dalam hasil pencarian Google dalam urutan teratas. Semakin besar harga iklan yang dipasang maka urutan posisi hasil pencarian akan semakin di atas.

 









 

Apa Beda Google Ads Dengan SEO?

Ada satu cara berpromosi yang paling ampuh bagi sebuah bisnis online yaitu dengan menjadikan search engine besar macam Google menjadi salesman Anda yang mampu bekerja 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu nonstop mempromosikan website bisnis Anda dengan gratis.

Promosi via search engine (mesin pencari) adalah cara berpromosi paling murah meriah tetapi efektif. Namun sebelum dapat melakukan promosi di search engine, website bisnis online Anda harus terlebih dahulu mendapatkan optimalisasi untuk kebutuhan search engine atau yang lebih sering dikenal dengan SEO.

Google Ads adalah layanan iklan berbayar dengan sistem per klik (PPC / Pay Per Click) yang diselenggarakan oleh Google yang merupakan sumber pemasukan terbesar Google.

Jika Anda mencari suatu informasi dengan mengetikkan suatu keyword maka pada bagian kolom kanan hasil pencarian di Google akan terlihat sederet website yang terkait dengan keyword yang Anda cari tersebut. Sederet daftar website tersebut adalah iklan yang dipasang dengan menggunakan keyword tertentu, nah jika Anda mengklik salah satu website dari daftar tersebut maka si pemasang iklan akan dikenakan biaya.

Singkatnya setiap ada yang mengklik iklan maka pemasang iklan harus membayar dan sebelum dapat memasang iklan di Google Ads pemilik website atau pengelola bisnis online harus terlebih dahulu membayar sejumlah uang sebagai dana deposit.

Iklan akan ditampilkan di dalam hasil pencarian dan juga di dalam jaringan penerbit iklan Adsense Google sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Dan setiap ada yang mengklik iklan tersebut maka dana deposit si pemasang iklan akan berkurang secara otomatis.

Anda harus membayar setiap jumlah kunjungan (karena tiap kunjungan/klik akan mengurangi dana deposit Google Ads Anda), jumlahnya tergantung dari besar biaya yang Anda masukkan sewaktu memasang iklan yang biasanya mulai dari beberapa sen hingga beberapa dollar  / keyword untuk 1 kali kliknya. Tergantung dari jumlah pesaing yang menggunakan keyword, sebagai contoh keyword “Hosting Murah

Anda akan melihat hasil pencarian terhadap kata kunci hosting murah, dan pada kolom atas adalah merupakan iklan.

Anda akan melihat label IKLAN, pada hasil pencarian yang tampil karena itu memang merupakan iklan. Dimana pemilik website tersebut menggunakan Google Ads untuk tampil di dalam hasil pencarian Google. Iklan yang paling atas adalah iklan yang memiliki harga pasang paling tinggi, nomor selanjutnya lebih rendah begitu seterusnya . . . .

Nah, kalau Anda mau iklan Anda tampil paling atas, nomor 1, maka Anda harus membayar lebih tinggi dari kompetitor Anda. Logikanya adalah iklan yang tampil paling atas atau lebih atas tentunya akan lebih dahulu diklik oleh pencari informasi. Memang benar bahwa Google Ads ini sangat cocok untuk website baru atau bisnis-bisnis online baru, namun untuk kebutuhan jangka panjang maka sebuah bisnis online harus menguasai SEO.

Permainan harga ini bisa disetup otomatis, sehingga ada sistem yang mengatur sistem lelang posisi inilah yang pada akhirnya memberikan keuntungan yang luar biasa. Dimana pada keyword yang tinggi pencarian, harga perkeywordnya bisa sangat luar bisa mahal. Dan harga itu akan terus naik seiring dari permintaan pemasang iklan, sangat dinamis.

 









 

Mana Yang Lebih Baik Google Ads atau SEO Natural?

Menurut saya bagi pelaku bisnis online (praktisi internet marketing) harus mempelajari keduanya karena SEO dan Google Ads adalah bagian dari teknik Digital Marketing.

Google Ads sangat membantu pada masa awal bisnis online, atau untuk website-website yang baru. Dimana dengan Google Ads website dipromosikan agar bisa masuk ke dalam hasil pencarian Google dengan cepat dan instan, karena untuk SEO Natural membutuhkan waktu dalam proses optimalisasi hingga mendapatkan hasil di dalam hasil pencarian Google.

Setidaknya dibutuhkan waktu satu sampai tiga bulan untuk upaya SEO Natural membuahkan hasil, dan itupun masih juga harus terus diperbaiki sampai hasil pencarian dapat mendapatkan hasil yang mapan.

Selama melakukan upaya SEO Natural, selama website belum mendapatkan hasil terbaik dari hasil pencarian di Google, Google Ads sangat membantu pada masa-masa ini karena bisa mendatangkan pengunjung ke website.

Setelah hasil SEO Natural sudah membaik, Google Ads bisa digunakan sesekali saja ketika ada program promosi dan event-event tertentu lainnya untuk meningkatkan penjualan. Semisal program promosi akhir atau awal tahun, atau jika Anda menjual produk-produk fasion atau makanan (kue) kaleng maka bisa diboosting pada saat menjelang Ramadhan untuk meningkatkan penjualan kebutuhan Hari Raya Idul Fitri.

 









Materi Panduan Cara Pasang Iklan di Google Ads

  • Materi panduan ditampilkan dari yang paling baru
  • Jika ingin mempelajari dari awal maka gunakan navigasi NEXT >>>

 

 

{

Banyak yang ingin memasang iklan di Google, namun tidak tahu caranya. Sekarang Anda bisa mempelajari cara memasang iklan di Google Ads untuk mempromosikan layanan usaha Anda di Google, silahkan pelajari langkah demi langkah melalui materi panduan Google Ads yang diberikan di sini.