Panduan Editing Video dengan VSDC

Konten multimedia memang sudah tidak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, dimana sekarang ini menghasilkan konten multimedia begitu mudah dan juga murah. Dengan menggunakan smartphone, atau dengan menggunakan handycam yang  berukuran kecil, seseorang sudah bisa menghasilkan sebuah video yang bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, mulai dari untuk promosi usaha hingga untuk kebutuhan monetisasi atau sekedar menyalurkan hobby.

Video yang dihasilkan itu harus terlebih dahulu diolah agar bisa disuguhkan ke dalam konten multimedia yang menarik dengan menggabungkan berbagai aspek seperti text, gambar, video dan musik. Banyak orang yang menganggap pekerjaan editing video adalah pekerjaan yang sulit dan membutuhkan resource yang tinggi, baik itu komputer yang digunakan ataupun software yang digunakan.

Anggapan tersebut ada benarnya, memang untuk kebutuhan editing tingkat mahir dan rumit membutuhkan resource komputer dan software yang mumpuni. Namun untuk kebutuhan editing dasar hingga menengah, bisa dilakukan dengan resource komputer standar. Sementara untuk softwarenya pun, bisa menggunakan software editing video gratis. Bahkan pengeditan video bisa dilakukan melalui smartphone dengan menggunakan aplikasi VlogIt, silahkan Anda melihat dalam materi editing video di VlogIt yang sudah saya sediakan di website ini.

Materi panduan ini hadir untuk membantu siapa saja yang ingin mempelajari dasar-dasar editing video, sehingga bisa menghasilkan video untuk berbagai macam kebutuhan. Software yang digunakan-pun adalah software gratis, namun meski gratis software yang digunakan memiliki fitur yang dapat mengakomodir kebutuhan editing dasar dan menengah. Bahkan software ini pun bisa digunakan untuk melakukan editing dan manipulasi video untuk kebutuhan yang rumit, namun memang dibutuhkan pemahaman yang mendalam tentang teknik pengambilan video (shooting) dan juga penggunaan software.

Bagi Anda yang ingin menjadi Youtuber, atau para praktisi internet marketing yang ingin menjangkau audiens yang lebih luas lagi dengan konten multimedia bisa memanfaatkan materi panduan yang ada di website ini sebagai ilmu dasar dalam proses editing video. Bagi Anda yang tertarik dengan seni olah video atau film, maka bisa memulainya dengan belajar membuat film sendiri dan belajar melakukan editing  sendiri.

Sebuah film yang bagus, sebuah video yang bagus lahir dari proses editing. Jika Anda ingin menjadi seorang sutradara, maka Anda harus menguasai seni editing.

Semoga apa yang tersaji di dalam website ini bisa bermanfaat, sehingga lebih banyak orang lagi yang dapat membuat konten multimedia dan memanfaatkannya untuk memajukan usaha atau untuk menunjang karir bahkan untuk mengembangkan hobby.

 









 

Pentingnya Konten Multimedia Pada Era Internet Seperti Sekarang Ini

Yang saya maksud dengan konten multimedia adalah sebuah konten yang menggabungkan unsur text, gambar, video dan suara untuk menyampaikan suatu informasi tertentu. Format dan media penyajiannya bisa bermacam-macam, mulai dari bentuk CD/DVD hingga bentuk internet.

Konten multimedia sendiri banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu untuk kebutuhan pekerjaan, kebutuhan hiburan, kebutuhan promosi, kebutuhan hobby dan lain sebagainya.

Contoh penggunaan konten multimedia di dalam kehidupan:

  • Untuk konten periklanan, jenis konten multimedia jauh lebih efektif dalam menyukseskan suatu program promosi
  • Untuk presentasi pekerjaan sehari-hari dimana dengan menggunakan konten multimedia menjadi jauh lebih mudah dalam menyampaikan ide atau maksud tertentu
  • Untuk media pembelajaran. Konten multimedia dapat digunakan sebagai media pengajaran yang interaktif dan dapat mempermudah proses belajar baik itu untuk pembelajaran secara langsung atau tidak langsung (e learning)
  • Dan masih banyak lagi

 

Untuk Kebutuhan Profesional dan Pekerjaan Sehari-Hari

Konten multimedia tidak bisa lepas dari kebutuhan pekerjaan sehari-hari, seperti untuk kebutuhan professional sering kali konten multimedia digunakan untuk presentasi. Karena memang presentasi dengan multimedia lebih mudah dalam menyampaikan ide karena menggabungkan berbagai unsur seperti text, gambar, video dan music.

 

Media Iklan Promosi

Untuk dunia marketing, para praktisi internet marketing sekarang ini mulai memanfaatkan konten digital berbasis multimedia untuk menyampaikan pesan promosi karena memang iklan dengan konten multimedia lebih effektif. Lihat saja iklan-iklan di televisi. Meskipun harga penayangan iklan yang boleh terbilang mahal, namun para produsen tetap membuat iklan dan menampilkannya di televisi.

Sekarang ini di internet, untuk kebutuhan streaming sudah tidak susah lagi dan sudah bisa juga dilakukan lewat smartphone. Anda mungkin mengalami, jika bergabung ke grup WA sering kali ada anggota grup yang berbagi konten multimedia, dan hal itu menandakan bahwa konten multimedia sudah tidak asing lagi.

Jika Anda bermain game gratisan, atau jika menggunakan aplikasi gratisan, maka sering kali pengembang aplikasi tersebut menyuguhkan iklan. Rata-rata iklan yang ditampilkan berformat video.

Jika Anda memiliki jasa usaha atau produk maka sudah saatnya untuk juga menggunakan konten multimedia untuk menyampaikan pesan prosmosi. Iklan promosi tersebut bisa didistribusikan ke berbagai media, seperti sosial media, WA, YouTube bahkan website.

Hampir semua sosial media memberikan layanan iklan video. FaceBook adalah salah satu media periklanan yang banyak digunakan oleh internet marketing untuk mempromosikan suatu jasa atau produk lewat iklan video. Selain FaceBook, YouTube juga sangat efektif untuk kebutuhan pemasangan iklan dalam format video.  Itu adalah untuk versi iklan berbayarnya. Anda bisa memasang iklan gratis dengan memposting iklan video Anda di dalam jejaring sosial seperti FaceBook, Instagram, Twitter  atau Google Plus.

 









 

Media Pengajaran

Selain untuk media presentasi dan periklanan, konten multimedia kerap kali digunakan sebagai media pengajaran. Dimana dengan konten multimedia pengajaran bisa dilakukan dengan lebih menarik, dan juga bisa lebih mudah dicerna.

Dengan konten multimedia, memungkinkan diselanggarakannya program pengajaran jarak jauh (e learning). Sehingga hal tersebut membantu dalam proses belajar – mengajar, contohnya adalah YouTube. Boleh saja jika dikatakan YouTube adalah perpustakaan digital berbasis konten multimedia, materi apa saja ada di YouTube asalkan kita mau mencarinya.

Anda mau belajar membuat website, di YouTube ada. Mau belajar bermain musik, di Youtube bisa Anda dapatkan. Mau belajar memasak, aneka jenis masakan tersedia di YouTube.

Bagi Anda yang memiliki lembaga pendidikan, saatnya merambah YouTube dengan menyuguhkan konten pendidikan untuk masyarakat luas. Itu juga bisa membantu pengembangan brand. Bagi Anda yang memiliki produk, Anda juga bisa membuat konten pengajaran. Contohnya bagaimana cara menggunakan produk yang Anda jual, dan banyak hal lainnya yang bisa Anda kembangkan.

 

Saatnya Memanfaatkan Konten Multimedia Untuk Mempromosikan Usaha

Saya kenal banyak orang yang memiliki produk atau jasa layanan yang bagus, namun sayangnya mereka tidak tahu cara membuat konten untuk promosi. Kalau tidak tahu, maka bisa belajar. Namun sayangnya sebagian besar dari meraka tidak mau mengambil langkah untuk merambah dunia maya dalam mempromosikan usaha, bahkan untuk bermain di sosial mediapun mereka tidak mau. Alasannya tidak tahu, padahal tidak mau.

Kalau tidak tahu, tetapi mau maka mereka bisa belajar. Namun jika tidak mau, maka sulit . . . . nah sekarang Anda termasuk tipe yang mana? tidak tahu atau tidak mau?

Sebagai contoh, jika Anda memiliki usaha kue, maka Anda bisa memphoto kue-kue Anda tersebut dan mempromosikan ke media social. Dari photo-photo itu bisa Anda jadikan konten multimedia. Dengan menggunakan smartphone, Anda bisa membuat footage yang terkait dengan kue-kue Anda. Disertai komentar-komentar dari pelanggan. Dan kemudian semua itu digabungkan, dengan editing yang baik maka Anda sudah bisa menghasilkan iklan multimedia untuk mempromosikan usaha Anda.

Jika Anda memiliki les belajar bahasa inggris, misalnya. Atau les bahasa lain, atau les pelajaran lainnya. Matematika misalnya. Anda bisa membuat video singkat dengan durasi 5 menit sampai 10 menit yang berisi tips dan trik, promosi dalam bentuk pelajaran itu akan membuat orang tertarik untuk menggunakan layanan les Anda. Apa lagi setelah mereka mencoba, dan ternyata trik yang Anda berikan bisa bermanfaat.

Saya pribadi, membuat banyak video tutorial untuk meprosmosikan layanan atau produk yang lain. Semisal saya membuat tutorial membuat website, saya mempromosikan layanan jasa hosting dan juga template. Selain itu saya juga mempromosikan layanan jasa e learning premium, dan dari mereka yang melihat dan mempraktekan video-video tutorial tersebut sebagian membeli produk template. Sebagian lainnya membeli hosting, dan lainnya bergabung menjadi member premium.

Kuncinya adalah bagaimana mengemas konten agar menarik dan berguna bagi masyarakat. Dan untuk mendistribusikannya, silakan manfaatkan sosial media atau layanan iklan berbayar.

 









 

Daily Vlog Mudah dan Banyak Peminatnya

Daily Vlog adalah salah satu jenis video yang mudah dibuat dan banyak peminatnya, namun tentu saja dibutuhkan keahlian tersendiri dalam menyusun cerita. Banyak YouTuber yang bermain di daily vlog tidak berhasil mendapatkan view dari audiens karena mereka tidak mengkonsep daily vlognya, spontan dan tidak ada unsur cerita yang dapat membuat audiens tertarik di dalam daily vlognya.

Sebuah daily vlog  yang baik harus mengandung unsur cerita dan memiliki makna bagi audiens yang melihat.

Jika Anda tertarik membuat daily vlog, silakan manfaatkan smart phone atau camcorder milik Anda untuk merekam aktifitas keseharian Anda. Namun jangan lupa mengkonsepnya dengan narasi dan cerita sehingga daily vlog yang Anda buat bisa menarik perhatian netizen nantinya.

 

Untuk Kebutuhan Hobby dan Pengembangan Bakat

Tahukah Anda kalau sekarang ini, benar-benar kenyataan jika seseorang bisa hidup dari bermain game. YouTube turut ambil peran dalam hal itu, dimana banyak sekali YouTuber Gaming yang dapat hidup dari bermain game. Mereka mem-video-kan saat bermain game dengan editing sedemikian rupa maka itu bisa menjadi tontonan yang menghibur.

Mereka mendapatkan uang dari iklan Adsense di YouTube, selain iklan. Banyak juga vendor yang meminta para YouTuber ini untuk meng-endors produk-produk mereka. Seperti vendor komputer, kursi gaming, Joy Stick, Mouse dan lain sebagainya.

YouTube tidak hanya berisi tentang gaming. Seperti yang sudah saya uraikan di atas, boleh saja YouTube dikatakan sebagai perpustakaan digital berbasis multimedia karena apapun ada di YouTube. Banyak sineas-sineas muda lahir dari YouTube, dimana awalnya mereka hobby membuat video.

Mereka membuat film singkat, sketsa dan lain sebagainya. Kemudian perlahan mereka belajar dan mulai membuat film dan music video. Semua diawali dari hobby, dari sana mereka belajar mengambil (shooting) adegan yang bagus dan melakukan editing.

Bagi Anda yang hobby, jangan takut dan juga tak perlu ragu untuk memfilmkan. Gunakan smartphone untuk memulainya, kemudian gunakan materi yang ada di dalam website ini untuk melakukan editing video.

Apapun hobby Anda silakan filmkan. Anda hobby bermain gitar, silakan filmkan saat Anda bermain gitar, baik itu lagu sendiri atau cover version. Kemudian lakukan editing, tambah model dan lain sentuhan lainnya. Lihat klip-klip musik video dan lihat bagaimana mereka menyajikannya, jika terus mencoba dan belajar saya yakin suatu saat nanti Anda akan mengetahui rahasianya sehingga bisa menghasilkan video yang bagus.

Jika Anda hobby bercocok tanam, silakan videokan. Buat tutorial, atau apapun yang Anda inginkan. Kemudian lakukan editing sehingga video Anda tersebut bisa enak ditonton, sehingga bisa bermanfaat bagi banyak orang setidaknya bisa menghibur.

 

Mudahnya Menghasilkan Konten Multimedia

Perkembangan teknologi yang begitu pesat, memungkinkan seseorang menghasilkan konten multimedia dengan mudah dan murah. Berbeda dengan sepuluh tahun lalu, dimana konten multimedia harus diproduksi lewat kamera yang berharga mahal.

Sekarang ceritanya sudah berbeda, bahkan dengan menggunakan webcam seseorang sudah bisa menghasilkan video dengan sentuhan editing yang tepat maka bisa dihasilkan sebuah konten multimedia yang menarik.

 









 

Keunggulan VSDC Free Video Editor

VSDC bersifat Non-linear video editor, artinya penggunanya bisa mengatur sedemikian rupa scene sehingga dapat lebih bebas dan mudah dalam melakukan editing video, dan banyak variasi yang bisa dilakukan untuk menghasilkan video yang bagus.

 

Banyak Effect Visual dan Audio

Meskipun bersifat free, VSDC menyediakan banyak visual dan audio effect yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan nuansa tertentu ke dalam video, hal ini sangat membantu dalam berkreasi membuat video yang menarik.

 

Blending Mode dan Instagram Filter

Blending mode dalam VSDC ini sangat membantu dalam bermain-main dengan beberapa video sehingga bisa menghasilkan manipulasi video yang menarik, selain itu ditambahkan juga filter video dengan style Instagram filter dan ini bisa sangat membantu dalam memberikan nuansa tertentu pada video.

 

Fitur Masking

Fitur ini adalah untuk editing tingkat lanjut, di dalam versi freenya sudah tersedia. Dan ini sangat bagus karena Anda bisa belajar menggunakan masking untuk melakukan manipulasi video. Banyak fitur lainnya yang bisa Anda eksplor dan pelajari untuk menghasilkan video yang menarik.

 

Banyak Format Ekspor

Banyak format ekspor yang bisa Anda pilih untuk project Anda, mulai dari Quick Movie, MP2, MP4 dan lain sebagainya dan ini akan sangat membantu dalam menghasilkan video yang berkualitas.

 

Dan Masih Banyak Lagi

Dan masih banyak lagi fitur-fitur dalam VSDC versi free ini yang bisa membantu Anda dalam melakukan editing video, Anda bisa mempelajarinya pada materi panduan editing video di bawah ini.

Materi Panduan Editing Video dengan VSDC

  • Materi panduan ditampilkan dari yang paling baru
  • Jika ingin mempelajari dari awal maka gunakan navigasi NEXT >>>

 

 

{

Bagi yang tertarik mempelajari panduan editing video dengan gratis, Anda bisa memulai dari VSDC. Silahkan pelajari melalui materi panduan yang kami berikan secara percuma, siapa saja bis amempelajarinya secara gratis.