• Kesalahan SEO Yang Sering Dilakukan

Kesalahan SEO Yang Sering Dilakukan Dalam Menggunakan Keyword Global Atau Keyword Generik Didalam Melakukan Optimalisasi Website

 

Dibanyak kesempatan, baik itu di dalam workshop, seminar, buku maupun blog saya selalu mengatakan “kunci sukses SEO adalah ketepatan dalam memilih keyword”. Yes! Dan hal ini adalah berssifat mutlak.




Oleh karenanya sebelum melakukan optimaliasi perlu diaadakan riset keyword dan mengelompokan keyword-keyword hasil riset tersebut ke dalam prioritas-prioritas tertentu berdasarkan halaman dan konten website.

 

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam SEO

Satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh praktisi SEO dalam mengoptimalkan website yaitu “Memilih menggunakan keyword global atau keyword generik” dimana tentu saja alasan menggunakan keyword ini agar mendatangkan lebih banyak pengunjung, karena jika suatu keyword global masuk ke dalam hasil pencarian maka pengunjungnya akan banyak. Yup, itu harapannya.

Di dalam keyataannya hampir 99% yang menggunakan keyword global atau keyword generik di dalam SEOnya “TIDAK MENDAPATKAN HASIL APA-APA” .

 

Trend Pencarian dan Trend Hasil Pencarian di Google Telah Berubah

Sekarang ini, pengguna google atau pencari informasi via google sudah pintar. Tidak seperti 5 atau 10 tahun lalu, dimana banyak orang yang mengetikan kata kunci global atau generik. Semisal ketika mereka mencari sepatu, mereka akan mengetikan kata kunci pencarian “SEPATU”.

Sementara sekarang sudah tidak lagi, mereka lebih cenderung menggunakan keyword targeted atau keyword spesifik. Sebagai contoh “Keyword + Brand” atau “Keyword + Variasi Produk” atau “Keyword + Atribut-Atribut Lainnya

Sebagai contoh dalam keyword SEPATU tadi, jika mencari informasi via google tentang kata kunci SEPATU. Maka yang keluar banyak sekali toko-toko online yang menawarkan sepatu, dan tidak mungkin website baru berhasil menempati urutan terbaik. Karena website yang lebih berumur dan dengan konten yang gemuk sudah ada di dalam hasil pencarian tersebut.

Kemudian dalam kaca mata pencari informasi, hasil yang ditampilkan terlalu luas. Mereka pasti ingin mempersempitnya dengan mencar informasi yang lebih spesifik, semisal “Sepatu Pria Bata” dan kemudian mereka akan mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik dan mulai masuk ke dalam website hasil pencarian tersebut untuk mendapatkan hasil pencarian yang mereka inginkan.

Dan itu kenapa kemudian penyebab gagalnya mereka yang menggunakan keyword global atau keyword generik.

 

 

Keyword Global Tidak Menjamin Dapat Menjaring Pengunjung Potensial

Meski pun Anda berhasil memasukan keyword global ke dalam hasil pencarian, belum tentu keyword tersbebut bisa mendatangkang pengunjung potensial. Mengingat terlalu luas, sementara belum tentu apa yang Anda tawarkan bisa mencakup apa yang pengunjung itu cari.

Dalam kasus keyword SEPATU BATA tersebut, taruh kata kunci SEPATU bisa menempatkan website Anda dalam hasil pencarian terbaik. Namun apakah bisa cukup menyakinkan orang yang sedang mencari sepatu bata untuk masuk ke website Anda, dan jikalaupun masuk apakah mau membeli ?.

Bagaimana dengan keyword global lainya, seperti semisal dengan kata kunci AKUNTANSI, hasil pencarianya kata kunci itu berisikan informasi global. Padahal yang sedang Anda jual adalah JASA AKUNTANSI dan domisi Anda di Jakarta, maka seharusnya yang lebih tepat Anda gunakan adalah keyword JASA AKUNTANSI di Jakarta.

Dan masih banyak lagi kasus lainnya . . . silahkan coba Anda lakan riset dan analisa kembali.

 

Long-Tail Keyword Jauh Lebih Mujarab

Long-Tail Keyword akan jauh lebih memberikan hasil dalam mendatangkan pengunjung potensial, ya memang yang masuk ke website bisa jadi tidak begitu besar. Namun tertarget, dalam kasus contoh adalah keyword SEPATU BATA. Mereka yang masuk ke dalam website adalah memang benar-benar orang yang sedang mencari infor masih tentang sepatu bata, dan ingin membeli sepatu bata.

Kunci sukses dalam menggunakan Long-Tail Keyword adalah pada variasi keyword, yang Anda implementasikan ke dalam artikel-artikel SEO berkualitas yang mereview atau memberikan informasi tertentu terhadap produk atau jasa yang sedang Anda jual.

Lihat artikel ini, mulai dari awal hingga bagian ini. Semuanya memberikan informasi yang terkait dengan keyword yang dibidik, baru kemudian dibagian ini berisikan promosi. . . . .

 

Mau Belajar SEO ? Baca Buku Ini!

Bagi yang ingin belajar SEO, bisa memulai dari membaca buku yang berjudul “KITAB SEO PAMUNGKAS“. Di dalam buku tersebut diberikan dasar-dasar SEO dimana bisa memandu Anda dalam memahai dan mengimplementasikan SEO.

Sementara bagi yang ingin mempelajari SEO lebih dalam dari pakarnya, bisa mengikuti panduan SEO secara online dalam Program Kursus SEO Premium.

Ini Adalah sebuah contoh artikel SEO, memberikan pengetahuan atau informasi umum dulu. Yang tentu saja masih terkait dengan jasa atau produk yang sedang ingin ditawarkan, baru kemudian dibagian-bagian tertentu diselipkan pesan promsi. Kalau mau produk atau jasa bagus, beli di sini  . . . . . kira-kira seperti itu.

Bisa juga dikemas dalam berbagai bentuk penyajian, mulai dari kesaksian hingga tips dan trik. Tetapi jangan lupa kaidah-kaidah SEOnya. Nah untuk kaidah SEO dalam penulisan Artikel SEO semuanya dikupas tuntas dalam Program E learning SEO TERAPAN.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Ikuti Aktivitas Kami di Youtube, Free Tutorial!
klik di sini!