Ingin Tahu Cara Riset Keyword Untuk SEO Google Agar Efektif Mendongkrak Rangkin Website Dalam Hasil Pencarian Google, Silahkan Simak Panduan Cara Riset Keyword Terbaru Ini

 

SEO adalah solusi paling jitu dan gratis dalam mempromosikan website, apapun isi websitenya jika melakukan SEO dengan baik dan benar maka website tersebut akan mudah diketemukan oleh pencari informasi melalui mesin pencari Google.









Sebelum mulai melakukan SEO, perlu dilakukan riset terhadap keyword yang ingin digunakan. Tujuannya agar upaya SEO yang dilakukan menjadi efektif, karena salah memilih keyword maka upaya SEO bisa berbuntut kegagalan. Karena memang sukses atau gagalnya suatu upaya SEO akan sangat tergantung dari pemilihan keyword.

Sebelum kita masuk ke dalam cara riset keyword mungkin ada diantara Anda yang belum mengetahui tentang SEO, mari kita bahas sejenak tentang . . . .

 

Apa Itu SEO?

SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization” dalam bahasa singkatnya, SEO adalah sebuah upaya pengoptimalan website melalui permainan meta tag dan konten agar website mudah diketemukan oleh pencari informasi melalui Google.

Seperti yang sudah Anda ketahui, mayoritas pengguna internet mencari suatu informasi melalui mesin pencari Google. Dan jika sebuah website bisa menempati urutan terbaik dalam hasil pencarian, maka website tersebut itu akan mendapatkan banyak kunjungan.

Nah, jadi SEO bertujuan untuk membuat sebuah website menjadi rama terhadap algoritma mesin pencari Google, sehingga ketika ada orang yang mencari suatu informasi terkait isi dari website tersebut. Maka website tersebut bisa tampil dalam urutan terbaik dalam hasil pencarian.

 

Lantas Apa Manfaatnya Bagi Usaha atau Website?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika sebuah website mendapati urutan terbaik di dalam hasil pencarian maka website tersebut akan mendapatkan kunjungan dari pencari informasi yang menemukan website lewat Google.

Semakin banyak jumlah pengunjung yang masuk ke dalam sebuah website, maka kesempatan website tersebut untuk melakukan penjualan semakin tinggi. Disitulah manfaatnya bagi perusahaan, dimana pengunjung website menjadi tahu akan keberadaan perusahaan dan apa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Selanjutnya jika pengunjung tertarik, maka pengunjung bisa menghubungi perusahaan melalui informasi yang ada di dalam website. Jika sudah ada yang menghubungi, maka untuk terjadinya ‘deal’ atau transaksi bisnis akan semakin terbuka lebar, tergantung dari bagaimana penanganan perusahaan terhadap pengunjung yang sudah menjadi prospek tersebut.

 

Lantas Bagaimana Cara Belajar SEO?

Untuk belajar SEO ada banyak cara, salah satunya bisa melakui buku. Anda bisa membaca buku “Kitab SEO Pamungkas” yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo, di dalam buku tersebut terdapat pengetahuan dasar melakukan SEO.

Atau Anda bisa belajar dari online dengan mengikuti program e learning baik itu yang gratis atau yang berbayar.

 

Program E learning SEO Gratis

Atas dasar banyaknya permintaan yang masuk ke email saya, dimana mereka adalah para pembaca buku dan juga peserta e learning web design. Dimana mereka ingin mempelajari SEO, namun mereka masih belum memiliki cukup dana untuk bisa ikut program e learning premium yang saya berikan di dalam website surahman.co.

Dan mereka meminta saya memberikan materi SEO secara gratis, akhirnya sayapun menyanggupi dengan memberikan panduan SEO Gratis. Panduan tersebut akan saya upload di YouTube secara berkala, pada materi pertama ini saya memberikan panduan cara melakukan riset keyword untuk kebutuhan SEO.

 

Kembali Pada Pembahasan “Cara Riset Keyword Untuk SEO Google”

Pada materi pertama ini, saya membahas tentang cara melakukan riset keyword. Dimana riset keyword ini menjadi sangat penting, sering kali saya mendapati kesalahan mereka yang baru belajar SEO melewati prosedur riset keyword.

Penyebabya adalah mereka sudah mengantongi keyword tertentu, yang menurut mereka cocok untuk kebutuhan bisnis. Dan kemudian melakukan optimaliasi terhadap keyword tersebut ke dalam website, wal hasil setelah ditunggu selama lebih dari 6 bulan tidak ada hasil yang bagus dalam hasil pencarian di Google.

Janganlah Anda mengulangi kesalahan mereka, karena rugi waktu. Sebelum masuk ke dalam optimaliasi, lakukan riset keyword dulu. Saya mengerti, riset keyword memang tidak mengasyikan. Bahkan sangat membosankan, bahkan saya sendiri sering ngantuk dan harus menambah cangkir kopi ketika melakukan riset keyword untuk suatu kebutuhan.

Tetapi hal tersebut harus dilalui oleh para praktisi SEO jika ingin mendapatkan hasil yang positif dalam upaya SEO, ibaratnya ketika akan berperang. Maka perlu diketahui terlebih dahulu siapa lawanya, berapa kuat jumlahnya, apa saja senjata dan amunisi yang digunakan dan lain sebagainya. Perlu dipelajari terlebih dahulu medannya, sehingga bisa menyerang dari posisi yang menguntungkan.

Tanpa strategi pertempuran hanya akan menjadi ajang kekonyolan, karenanya perlu diatur strategi terlebih dahulu. Dan strategi hanya bisa dilakukan setelah adanya riset terlebuh dahulu, dan di dalam SEO yang perlu dilakukan adalah riset keyword.

Dengan riset keyword kita bisa mengetahui keyword mana yang masih bisa dimainkan, dan keyword mana yang harus di drop atau disimpan untuk lain waktu.

Tak terasa sudah mau masuk ke 755 kata, sepertinya harus dipercepat pembahasannya. Untuk kebutuhan riset keyword semuanya saya tuang di dalam video panduan cara melakukan riset keyword, termasuk juga formulasi dalam menentukan keyword yang tepat dimana itu sebuah bisa dijadikan acuan dasar bagi Anda dalam menentukan keyword. Gunakan juga intuisi Anda selaku praktisi SEO, durasi video ini cukup panjang. Saran saya lihat dari awal sampai akhir agar mendapatkan gambaran yang utuh, jika dirasakan ada yang perlu ditanyakan silahkan ajukan pertanyaan dalam kolom komentar di YouTube. Sekali lagi ajukannya di YouTube ya!, jangan di dalam komentar blog ini karena saya jarang online diblog.

Jika pertanyaan bisa saya jawab melalui penjelasan dalam komentra di YouTube, maka saya akan jawab. Namun jika pertanyaan tidak bisa dijawab lewat komentar saya akan kumpulkan dan jadikan bahan untuk panduan Belajar SEO Gratis bersama Su Rahman.

Oya jangan lupa untuk Subscribe ke dalam Channel YouTubenya, materinya akan diupdate/upload setiap minggunya. Agar tidak ketingalan informasi maka silahkan subscribe, dan aktifkan tanda loncengnya agar ketika ada video baru yang diupload maka Anda akan mendapatkan notifikasinya.





Disclaimer

Saya memberikan materi panduan SEO semampu yang saya bisa, sesederhana yang dapat saya pikirkan untuk kebutuhan awam. Namun saya tidak menjamin bahwa setiap peserta akan sukses, tingkat kesuksesannya sangat bergantung kepada tingkat daya tangkap dan daya olah dari peserta. Daya tangkap dan daya olah setiap peserta berbeda-beda, dan itu yang akan menentunkan tingkat keberhasilan dalam proses belajar.

Berdasarkan pengalaman saya sebagai trainer dan penulis, sering kali peserta menskip-skip materi. Begitu juga pembaca buku sering melewatkan bagian dalam buku, dan mereka-mereka inilah yang sering kali mengalami kesulitan.

Demi kebaikan diri sendiri, jangan meloncat-loncat ketika belajar. Perhatikan materi secara keseluruhan, karena hal itu akan berguna bagi diri Anda sendiri.

Selamat Belajar!