• Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih ke Editor Lama WordPress

Sudah Upgrade WordPress Versi 5, Namun Ada Yang Berbeda Dengan Editor WordPress. Berikut Ini Cara Menonaktifkan Gutenberg dan Beralih ke Editor Lama WordPress

 

WordPress versi 5 akhirnya rilis juga, dimana yang baru dari WordPress 5 ini adalah adanya visual editor baru. Dimana WordPress mengganti editor yang lama dengan editor baru yang bermana Gutenberg.





Untuk jangka panjang Gutenberg nampaknya menjanjika, namun untuk sekarang Gutenberg masih minim fitur. Gutenberg tidak hanya merupakan editor di dalam WordPress, melainkan juga sekaligus page builder. Namun sayangnya fitur Gutenberg masih jauh dari kelayakan untuk membangun webite profesional, lebih kaya fitur page builder WordPress yang digunakan melalui plugin.

Bagi pengguna WordPress juga membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan Gutenberg, bagi Anda yang masih menunggu Gutenberg dikembangkan lebih lanjut dan juga masih membutuhkan waktu untuk mempelajari Gutenberg.

Maka Anda bisa menonaktifkan atau disable Gutenberg dan kembali ke visual editor WordPress yang lama, caranya bisa Anda pelajari dalam video berkut ini.

 

 

Di dalam video diatas berisikan dua materi panduan, yaitu cara menonaktifkan Gutenberg pada website WordPress yang masih baru dan cara menonaktifkan Gutenberg pada website WordPress yang sudah ada sebelumnya.

Silahkan Anda pelajari, semoga bisa berguna buat Anda semua yang membutuhkan panduan untuk menonaktifkan Gutenberg.

 

Apa Itu WordPress Gutenberg?

Gutenberg adalah langkah pertama untuk masa depan baru untuk WordPress, Gutenberg adalah sesuatu yang sering diabaikan banyak orang, tetapi Gutenberg bukan hanya editor baru untuk WordPress. Gutenberg adalah awal dari sesuatu yang jauh lebih besar. Gutenberg meletakkan dasar untuk perkembangan yang sangat menarik. Gutenberg adalah tahap pertama dari strategi peluncuran tiga cabang WordPress.

Pertama, WordPress akan mendapatkan editor blok, setelah itu proyek akan fokus pada templat halaman dan pada tahap akhir WordPress akan menjadi penyesuai situs menyeluruh.

Editor blok WordPress baru yang mendarat di WordPress 5.0 tiba pada 6 Desember 2018. Banyak orang telah bekerja sepanjang waktu untuk mengubah editor blok ini menjadi produk yang solid dan stabil.  Tentu saja, ada skenario di mana memperbarui ke WordPress 5.0 dan Gutenberg pada hari keluarnya tidak layak. Atau, beberapa orang mungkin hanya ingin bertahan sebentar. Jangan khawatir, karena plugin Editor Klasik dapat mengembalikan editor lama untuk saat ini. Plugin Classic Editor tersedia hingga 31 Desember 2021.

Jadi masih banyak waktu untuk membiasakan diri dan mempelajari Gutenberg, semoga dari waktu ke waktunya Gutenberg akan terus membaik dan kaya fitur. WordPress sudah mengambil langkah perubahan, dan mau tidak mau pengguna dan pengembang WordPress juga harus melakukan perubahan. Dimana suka atau tidak suka, Gutenberg akan tetap menjadi bagian dari WordPress, untuk masa sekarang dan masa depan.

Semoga dengan kehadiran Gutenberg kedepannya akan lebih mudah bagi para pengguna WordPress untuk membangun website yang kaya dan menarik dengan cara mudah dan cepat, dan yang terpenting gratis. Karena Guntenberg adalah bagian dari WordPress, maka page builder ini bisa digunakan secara gratis.

Meski sudah dapat dipastikan akan ada produk-prouk add-on atau modul dengan fitur yang canggih yang akan bermain untuk melengkapi Gutenberg, ini adalah sesuatu yang menarik dan tentu saja bisa membantu para pengguna WordPress.

 

Menunggu Gutenberg Lebih Stabil

Saya pribadi, sebagai pengembang theme WordPress yang juga sekaligus sebagai web designer WordPress. Masih menunggu versi WordPress dengan Gutenberg yang lebih stabil, saya sudah menyiapkan theme yang dapat berjalan dengan Gutenberg, bahkan menambahkan blok-blog sendiri untuk memperkaya Gutenberg.

Namun karena WordPress dan Gutenberg masih terus berubah, saya masih menunggu untuk mempublikasinya. Saya menunggu sampai versi WordPress dan Gutenberg lebih stabil dan memungkinkan saya untuk mempublish theme-theme tersebut untuk umum.

Untuk saat ini, saya juga masih menggunakan editor WordPress versi lama. Karena itu adalah pilihan terbaik buat saya, kedepan tentu saja. Saya akan menggunakan Gutenberg, karena Gutenberg adalah masa depan WordPress.




Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Ikuti Aktivitas Kami di Youtube, Free Tutorial!
klik di sini!