Video YouTube Terkena CopyRight (Klaim Hak Cipta) Berikut Ini Cara Mengatasinya Tanpa Harus Menghapus Video

Banyak YouTuber pemula yang mengeluhkan jika video yang mereka upload terkena klaim hak cipta, penyebab yang paling sering adalah karena menggunakan lagu popular atau materi lain yang mengandung hak cipta.

Dimana pemilik lagu atau pemilik materi lainnya sudah mendaftarkan lagu atau materi mereka ke YouTube dan mendapatkan konten id, sehingga ketika ada orang yang mengupload materi mereka sisitem konten id YouTube akan mempu mendeteksi dan kemudian melakukan klaim hak cipta. Berikut ini penjelasan dari YouTube:









 

Apa yang dimaksud dengan klaim Content ID?

Jika Anda mengupload video berisi materi yang dilindungi hak cipta, kemungkinan Anda akan mendapatkan klaim Content ID. Klaim ini dikeluarkan oleh perusahaan yang memiliki hak atas musik, film, acara TV, video game, atau materi lainnya yang dilindungi hak cipta.

Pemilik konten dapat menetapkan Content ID untuk memblokir materi dari YouTube saat klaim dibuat. Mereka juga dapat mengizinkan video tetap ditayangkan di YouTube dengan iklan. Pada situasi tersebut, pendapatan iklan akan diberikan kepada pemilik hak cipta atas konten yang diklaim.

Sumber: https://support.google.com/youtube/answer/6013276?hl=id&ref_topic=9282678

 

Lantas Bagaimana Cara Mengatasi CopyRight Tanpa Harus Menghapus Video?

Itu adlaah pertanyaan yang selalu ditanyakan oleh para YouTuber pemula, karena mereka tidak ingin menghapus video yang sudha mereka upload itu dengan berbagai pertimbangan. Salah satu pertimbangan mendasar adalah jika menghapus video maka jam tayang yang di dapat oleh channel akan hilang seiring dengan video yang dihapus.

Berikut ini tiga video yang memberikan panduan cara mengatasi copyright video di YouTube tanpa harus menghapus video, silahkan dipelajari dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

 

Cara Mengatasi Klaim Copyright (Hak Cipta) Musik Tanpa Menghapus Video Dengan Mengganti (Replace) Video

Video diatas mengajakan cara untuk mereplace atau mengganti lagu yang terkena klaim hak cipta, dengan menggunakan lagu atau musik yang aman. Silahkan Anda pelajari panduannya, jika cocok dengan kebutuhan Anda maka kemudian silahkan Anda terapkan. Sementara bagi Anda yang ingin tahu cara mendapatkan musik yang aman untuk channel YouTube dan untuk monetisasi silahkan simak pada video berikut ini panduannya:

 

 

Selanjutkan kita masuk ke cara ke dua dalam mengatasi klaim hak cipta di YouTube, berikut ini adalah yang kedua silahkan Anda simak dan pelajari. Jika cara ke dua ini cocok untuk kebutuhan Anda, silahkan Anda gunakan:

 

 

Cara Mentrim (Membuang) Bagian Video Yang Terkena Klaim Hak Cipta

Video diatas menjelaskan cara untuk mentrim atau memotong dan membuang bagian dari video yang terkena klaim hak cipta, dimana Anda bisa dengan cepat dan mudah menghapus atau membuang bagian video yang terkena klaim hak cipta. Silahkan Anda pelajari caranya pada video tutorial di atas itu.

Sekarang masuk ke cara yang ke tiga, ini adalah cara yang lebih advance dimana akan menggunakan editor video YouTube untuk mengatasi klaim hak cipta.

 

 

Cara Memotong Video Yang Sudah Diupload Ke YouTube

Video diatas menjelaskan tentang cara memotong video yang sudah diuplaod ke YouTube dengan menggunakan video editor milik YouTube, dimana cara ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Mulai memotong bagian video yang salah, yang luput ketika editing namun sudah terlanjut di upload ke YouTube. Hingga cara untuk mengatasi klaim hak cipta (copyright) di YouTube.

 

Panduan Monetisasi YouTube

Bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari trik monetisasi YouTube dan hal-hal yang terkait dengan YouTube, Anda bisa mempelajarinya melalui materi video di bawah ini: