• Cara Mempercantik Website Joomla

Cara Mudah Mempercantik Tampilan Website Joomla, Sebuah Trik Profesional Yang Banyak Belum Diketahui Oleh Pengguna Joomla

 

Bagi Anda pengguna Joomla, tentunya adalah merupakan idaman dapat mendesign website Joomla dengan tampilan cantik dan professional. Ternyata untuk kebutuhan tersebut tidaklah terlalu sulit, dengan menggunakan page builder dan elemen page builder seseorang bisa membangun layout dan menata konten website dengan menarik ala pro.



Dengan menggunakan page builder Joomla seseorang tidak lagi bergantung pada layout theme, karena Anda bisa membangun layout Anda sendiri dengan mudah dan cepat. Kemudian selanjutnya mempercantik tampilan dengan menambahkan elemen-elemen tertentu dari page builder, semua itu bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Berikut ini adalah materi terkait hal tersebut:

Sejarah Singkat Joomla

oomla merupakan perangkat lunak untuk manajemen konten web atau sering juga di sebut dengan CMS ( Content Management System ). Konten yang bisa di tangani Joomla antara lain publikasi web, mengedit web, menghapus web dan lain-lain. CMS saat ini semakin populer kemudahan dalam menggunakannya.

Dahulu jika kita ingin membuat web, kita harus bersusah payah belajar bahasa pemrograman web seperti ASP, PHP, dan Java. Dengan adanya CMS khususnya Joomla, orang awam dapat membuat web dengan mudah dan cepat. CMS yang sejenis Joomla banyak, antara lain Mamboo, PHPNuke, AuraCMS dan masih banyak yang lainnya.¬† Asal kata Joomla sendiri berasal dari kata Swahili yang mengandung arti “kebersamaan”

Secara garis besar dan gamblang, Joomla! terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu server web (webserver), skrip PHP dan basisdata MySQL. Server web diasumsikan terhubung dengan Internet/Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan konten. Joomla menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL untuk basisdatanya.

 

17 September 2005 Adalah Sejarah Awal Diluncurkannya Joomla Pertama Kali

Versi awal ditetapkan 1.0.0 yang sangat mirip dengan mambo 4.5.2.3, Andrew Eddie saat itu sebagai Pimpinan Tim Inti Pengembang Mambo hingga Agustus2005 memilih meninggalkan Mambo dengan menulis surat terbuka di komunitas dan diumumkan di forum mamboserver.com.  Selanjutnya Tim pengembang ini membuat situs opensourcematters.com untuk mendistribusikan informasi ke seluruh pengembang,desain web dan komunitas.

Pengembangan Joomla sejak versi 1.0.0 sampai ke versi 1.0.15 mengalami laju pertumbuhan yang luar biasa sampai menjadi kiblat pengembangan website yang paling mudah dan paling banyak didukung oleh pengembang pihak ke-3. sampai pada sekitar tahun 2007 Tim memutuskan pengembangan joomla 1.5.x yang memiliki persamaan dan perbedaan yang cukup jauh. Dan saat ini versi Joomla sudah mencapai 3 dan sedang melaju ke versi 4.

 

Ini Alasan Banyak Orang Memilih Menggunakan Joomla Sebagai Engine Membuat Website

Banyak CMS pembuatan website yang bersifat open source, namun Joomla tetap menjadi salah satu CMS terfavorit bagi Web Master untuk menghasilkan website terbaik. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa orang menggunakan Joomla sebagai engine pembuatan websitenya:

  • Joomla berisifat open source, sehingga bisa didownload gratis dan mendapatkan update gratis
  • Proses instalasi mudah, bagi yang belum tahu silahkan lihat panduan joomla di sini!
  • Menggunakan CMS sehingga pengguna tidak perlu mengerti bahasa pemograman website sama sekali
  • Desain dan template yang dapat di ubah sesuai dengan kebutuhan, dan banyak tersedia template gratis
  • Dapat menambahkan fitur-fitur website dengan mudah dan cepat dengan cara menginstal extension, dan banyak tersedia extension gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
Ikuti Aktivitas Kami di Youtube, Free Tutorial!
klik di sini!