Pada era digital seperti sekarang ini, kebutuhan akan konten multimedia yang mampu menampilkan audio visual secara bersamaan sangat dibutuhkan. Saat ini traffic internet untuk mengakses video dari waktu ke waktunya semakin tinggi, dimana video memang dijadikan sebagai media untuk berkomunikasi baik itu melalui medsos, chat, periklanan hingga hiburan.

Jumlah pengguna YouTube dari Indonesiapun semakin tinggi, bahkan kaum milenial disinyalir mayoritas sudah tidak lagi menonton tv. Ya, mereka tidak lagi menonton tv konvesional, melainkan mereka menonton tv dari YouTube.









Salah satu kelebihan YouTube adalah penontonnya memiliki pilihan mau nonton apa, dan pada jam berapa. Tidak seperti di TV, yang mereka tidak memiliki pilihan.

YouTube adalah situs tersibuk ke dua di dunia setelah situs mesin pencari Google, dimana sekarang YouTube sudah berkembang menjadi platform sosial media. Maraknya aktifitas Vlogger di YouTube menandakan jika YouTube sudah menjadi media sosial, dimana penggunanya bisa mengupdate status apa saja yang mereka mau ke YouTube.

Selain YouTube, Instagram juga memberikan fasilitas untuk berbagi video. Kemudian mereka meluncurkan IG TV yang disinyalir akan menjadi saingan YouTube.

Makin Mudahnya Membuat Video

Semakin tinggi minat masyrakat untuk mengakses atau mengkonsumsi konten audio visual, maka para pengiklanpun akan masuk ke ranah sana. Dimana ada keramaian, maka iklan akan masuk. Di dalam dunia internet marketing, juga sudah terjadi pergeseran. Dimana banyak internet marketing yangs udah beralih ke konten multi media untuk mempromosikan suatu usaha dengan alasan bahwa konten multi media lebih mudah dimengerti dan bisa lebih menarik minat orang.

Beberapa tahun lalu, sebelum gadget memiliki kecanggihan teknologi kamera seperti sekarang. Membuat iklan membutuhkan biaya yang cukup tinggi, namun sekarang cerita sudah berbeda. Bahkan dengan HP berbasis Android, seseorang sudah bisa membuat iklan. Ya, mereka bisa merekam adegan dengan HP dan kemudian melakukan editing, untuk menghasilkan pesan yang menarik.

Maraknya aktifitas VLOG juga dikarena makin mudahnya membuat video, di YouTube lahir konten kreator yang pada banyak memulainya dengan menggunakan HP untuk merekam.

Dibutuhkan Video Editor Untuk Menghasilkan Video Yang Menarik

Meski membuat video sudah mudah, namun untuk menghasilkan video yang bagus dan menarik tidaklah mudah. Dibutuhkan keahlian dalam melakukan editing, dan untuk melakukan editing dibutuhkan software video editor yang cukup mumpuni.

Banyak para YouTuber pemula, atau mereka yang teratrik memain di ranah multimedia terbentur pada video edititing. Terutama pada software, karena memang software video editor ternama tidaklah murah.

Kalaupun ada yang memberikan versi gratis, atau versi free. Mereka memberikan watermark, atau tanda logo pada video hasil ekspor. Dan hal tersebut sangat menganggu, awal saya bermain di ranah vdieo untuk kebutuhan YouTube dan juga periklanan. Sayapun menghela nafas panjang, ketika mengetahui harga video editor kenamaan.

Terlalu mahal untuk pemula!

Dan kemudian saya pun mulai mencari video editor gratis yang powerful, dan bertemulah dengan VSDC. Untuk panduan VSDC ini saya sudah memberikannya di dalam buku “Panduan Editing Video Ala Pro dengan Software Gratis

Pengalaman menggunakan VSDC itu itu juga yang kemudian melahirkan channel youtube yang saya beri nama “Simple Channel”, dimana nichenya adalah panduan video editor gratis tanpa watermark. Di dalam channel tersebut saya membahas tentung cara melakukan editing video dengan menggunakan video editor gratisan.

Saya sendiri terkagum-kagum, ternyata banyak video editor gratis yang kaya akan fitur dan tidak memberikan watermark. Seiring waktu, karena masih banyak yang belum tahu tentang banyaknya video editor gratis yang bisa digunakan oleh mereka yang mau belajar editing video, saya pun kemudian berbagi dalam bentuk buku.

Di dalam Simple Channel saya sudah banyak berbagi, namun rasanya kurang puas jika tidak juga berbagi melalu media buku. Dan kemudian lahirlah buku “Mahir Video Editing” (untuk judul mohon editor menyesuaikan dengan judul buku yang akan dipakai) dimana di dalam buku ini saya membahas 3 software video editor utama, yang kaya akan fitur dan mudah digunakan. Cocok untuk mereka yang baru belajar editing video, dan para YouTuber pemul yang membutuhkan video editor gratis tanpa w.atermark untuk mengedit video-video mereka.

Semoga lahirnya buku ini bisa membantu banyak orang yang memiliki impian untuk bisa mengedit video terlepas apapun tujuan video itu nantinya. Semoga buku ini bisa menyingkirkan batu sandungan karena mahalnya software video editor profesional.

Silakan manfaatkan buku ini untuk melakukan  editing video. Nanti dikemudian hari jika Anda sudah bisa menghasilkan uang dari video-video Anda, maka Anda bisa membeli video editor profesional, dan nanti kita akan bertemu lagi dalam panduan editing video advance dengan video editor profesional.

 

Namun sebelum itu terjadi … kita mulai dulu dari penggunaan video editor gratis tanpa watermark ini untuk mulai belajar melakukan editing video.

Mari kita belajar bersama . . . .

 

Pembelian Buku