Punya Niche Gado-Gado dan Ingin Ganti Niche Menjadi Niche Yang Fokus di YouTube, Gampang! Ini Strategi Ganti Niche YouTube

Bagi Anda yang belum tahu, di YouTube itu niche menjadi amat penting. Karena akan mempengaruhi minat penonton, karenanya channel YouTube itu sebaiknya memiliki satu niche. Jangan membuat channel dengan banyak niche atau niche gado-gado. Bagi Anda yang sudah terlanjur punya niche campuran, atau niche gado-gado dan ingin merubah niche channel menjadi niche yang fokus. Anda perlu menerapkan beberapa strategi, agar proses penggantian niche bisa memiliki dampak yang positif terhadap channel.

Berikut ini adalah video strategi ganti niche channel, silahkan simak video ini agar Anda bisa mulai mengganti niche channel.









 

 

Sementara itu, bagi yang suka dengan versi tulisan atau text. Saya berikan transcript video diatas kedalam tulisan, langsung saja silahkan di simak.

 

Ini Dia Strategi Ganti Niche Channel YouTube

Jumpa kembali di dalam sesi video tutorial di Simple Channel! Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas pertanyaan yang diajukan melalui kolom komentar, yaitu tentang bagaimana strategi untuk mengganti Niche dari Niche gado-gado ke satu Niche yang lebih fokus. Mari kita bahas lebih lanjut!

Apa Itu Niche?

Sebelum masuk ke strategi perubahan Niche, mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Niche. Niche dalam konteks channel YouTube adalah topik besar atau topik utama dari sebuah channel. Contohnya, jika channel Anda berfokus pada tutorial editing video, maka Niche Anda adalah editing video. Namun, Niche juga bisa lebih spesifik, seperti tutorial editing video dengan software tertentu.

Perbedaan Antara Niche Fokus dan Niche Gado-gado

Pertama-tama, penting untuk memahami perbedaan antara Niche yang fokus (Niche tunggal) dan Niche gado-gado (banyak topik dalam satu channel). Niche yang fokus berarti channel hanya membahas satu topik atau topik terkait dalam satu unit. Sebagai contoh, jika Anda memiliki channel tentang resep masak, Niche fokus Anda adalah memasak dan resep masak.

Di sisi lain, Niche gado-gado adalah ketika satu channel mencakup banyak tema yang tidak berhubungan satu sama lain. Misalnya, channel tersebut mencakup konten tentang kuliner, tutorial editing video, traveling, dan topik lainnya yang tidak terkait.

Keuntungan Menggunakan Niche yang Fokus

Menggunakan Niche yang fokus memiliki beberapa keuntungan penting:

  1. Mendapatkan Audience Lebih Mudah: Algoritma YouTube lebih mungkin menyajikan video Anda kepada orang yang memiliki minat serupa. Jika seseorang menyukai video tentang memasak, mereka akan lebih cenderung menemukan video Anda jika channel Anda fokus pada resep masak.
  2. Meningkatkan Retensi Audience: Dengan Niche yang fokus, Anda dapat mempertahankan audience Anda lebih baik karena mereka datang untuk konten yang serupa.
  3. Meningkatkan Kesempatan Monetisasi: Dengan audience yang setia, Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk menghasilkan uang melalui monetisasi YouTube dan sponsor.

Strategi Mengganti Niche

Sekarang, bagaimana Anda bisa sukses mengganti Niche dari Niche gado-gado ke Niche yang lebih fokus? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Jangan Hapus Video Lama: Jangan menghapus video lama Anda, terutama jika channel Anda masih relatif kecil. Menghapus video dapat menghilangkan jam tayang yang Anda kumpulkan dari video tersebut.
  2. Buat Video dengan Niche Baru: Mulailah membuat video dengan topik yang sesuai dengan Niche baru Anda. Pastikan kontennya relevan dan berkualitas tinggi.
  3. Terapkan SEO: Selalu terapkan teknik SEO yang baik pada video Anda. Ini termasuk pemilihan kata kunci yang tepat, deskripsi yang informatif, dan thumbnail menarik.
  4. Upload Secara Rutin: Usahakan untuk mengunggah video secara rutin. Semakin sering Anda mengunggah, semakin cepat Anda akan mendapatkan audience baru.
  5. Sabar dan Konsisten: Ingatlah bahwa perubahan Niche memerlukan waktu. Bersabarlah dan tetap konsisten dalam mengunggah konten dengan Niche baru.

Mengganti Niche dari Niche gado-gado ke satu Niche yang lebih fokus adalah langkah yang bijak untuk membangun channel YouTube yang sukses. Pastikan untuk menjaga kualitas konten Anda, menerapkan SEO dengan baik, dan tetap konsisten dalam usaha Anda. Dengan waktu, Anda akan melihat peningkatan dalam pertumbuhan channel Anda. Jadi, berani mencoba perubahan Niche untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar di platform YouTube!.

 

Tutorial YouTube Lainnya

Bagi Anda yang masih tertarik untuk mempelajari tentang YouTube, berikut ini adalah video yang membahas permasalah umum yang kerap kali dialami oleh YouTuber pemula. Pembahasan di dalam video ini disusun sedemikian rupa untuk kebutuhan pemula.

 

 

 

Buku SEO YouTube

Buku ini menyoroti langkah-langkah kunci yang harus diambil oleh pemilik channel baru atau channel yang masih kecil untuk memperoleh penonton dan pelanggan. Salah satu langkah krusial dalam proses ini adalah mengoptimalkan video melalui pencarian YouTube atau yang dikenal dengan istilah SEO YouTube. Penulis menjelaskan dengan rinci dan mudah dimengerti bagaimana melakukan SEO YouTube dengan benar, sehingga video yang diunggah dapat lebih mudah ditemukan oleh calon penonton, dan channel Anda dapat berkembang dengan lebih cepat.

Salah satu aspek yang membuat buku ini begitu berharga adalah pengalaman pribadi penulis dalam mengelola channel YouTube dan mencapai kesuksesan di platform ini. Su Rahman memberikan wawasan berharga berdasarkan pengalaman pribadinya, sehingga pembaca dapat memahami tantangan yang dihadapi dan menghindari kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemilik channel baru.

Buku “SEO YouTube” ini menyajikan materi yang disusun secara terstruktur, membuatnya sangat cocok untuk pemula yang ingin memulai perjalanan mereka di dunia YouTube. Pokok pembahasan yang mencakup pemahaman tentang algoritma YouTube, SEO YouTube yang benar, dan trik-trik pengembangan channel lainnya, semuanya disajikan dengan jelas dan terperinci.

Su Rahman berhasil menciptakan panduan yang sangat berguna bagi siapa saja yang ingin mencapai kesuksesan di platform YouTube yang kompetitif. Buku ini memberikan wawasan yang mendalam tentang bagaimana algoritma YouTube berfungsi dan bagaimana kita dapat mengoptimalkan konten kita untuk mencapai audiens yang lebih besar. Jika Anda adalah seorang content creator yang ingin mengambil langkah pertama menuju kesuksesan di YouTube, “SEO YouTube” oleh Su Rahman adalah sumber daya yang sempurna untuk Anda.

Buku ini tidak hanya memberikan pemahaman yang kuat tentang strategi SEO YouTube, tetapi juga memberikan inspirasi dan motivasi untuk terus berusaha membangun channel yang sukses. Su Rahman telah menciptakan panduan yang lengkap dan sangat bermanfaat bagi siapa pun yang ingin memahami seluk-beluk YouTube dan menjadi seorang YouTuber yang sukses.

Beli Buku!







Butuh Hosting Murah? Dapatkan Paket Hosting Murah Untuk Kebutuhan Bisnis Online, Harga Mulai Dari RP. 100 RIBU per tahun [Hosting Murah]


Jasa Pembuatan Website Murah? Butuh Website? Dapatkan Paket Pembuatan Website Murah Harga Mulai Rp. 299 RIBU. Sudah Berpenglaman Sejak Tahun 2007, Dengan Jumlah Klien Dari Jakarta Hingga Papua [Web Design Murah]