Panduan Editing Video dengan Olive Video Editor

Kita berjumpa kembali di dalam penggunaan video editor Open Source. Awalnya saya akan membahas tentang OpenShot, namun kemudian saya menemukan editor open source yang lebih bagus dan stabil serta kaya akan fitur jika dibandingkan dengan OpenShot, yaitu Olive Video Editor.

Olive video editor ini masih dalam versi alpha yang artinya masih dalam tahap awal pengembangan. Meskipun dalam versi alpha, kemampuan video editor yang satu ini benar-benar memukau. Salah satu kekurangan dari editor berbasis open source adalah pada stabilitas, sebagai contoh di dalam OpenShot salah satu kekurangan di dalam editor ini adalah pada stabilitas terutama pada platform windows.

Berbeda dengan Olive, setelah saya mencoba untuk berbagai kebutuhan editing, stabilitasnya sangat menjanjikan meski tetap terdapat crash namun masih dalam batas normal dan itu juga bisa terjadi pada editor premium. Selama kita selalu menyimpan project pengeditan, maka kita akan aman.

Atas dasar stabilitas ini kemudian saya mengangkat Olive untuk dijadikan pembahasan di dalam buku ini menggantikan OpenShot. Dari sisi fitur Olive sangat kaya. Olive bisa diandalkan untuk melakukan editing dengan software video editor gratis.

Kedepannya tentu Olive akan makin kaya akan fitur. Di YouTube sendiri sudah mulai banyak yang membahas tentang Olive. Teutama pada komunitas linux yang menggadang-gadang Olive sebagai video editor linux masa depan.

Olive ini lintas platform, bisa digunakan di dalam Linux, Windows dan Mac. Bagi pengguna Windows, yang masih mencari Mirosoft Movie Maker yang mana Movie maker sudah tidak lagi dikembangkan oleh Microsoft, maka Olive bias menjadi alternatif pengganti dari Movie Maker.

Semoga kehadiran Olive video editor ini bisa dijadikan sebagai salah satu video editor andalan gratis untuk editing dan juga manipulasi video.

 









 

Berkenalan Dengan Olive Video Editor Berbasis Open Source

Sama halnya dengan ShotCut, Olive video editor ini juga berbasis OpenSource. Artinya bisa digunakan oleh siapa saja secara gratis dan tanpa adanya pembatasan. Sampai buku ini ditulis, Olive masih dalam status ALPHA artinya masih dalam pengembangan.

Namun meski demikian versi ALPHA Olive ini stabil dan bisa diandalkan untuk kebutuhan editing, karenanya saya kemudian memasukkan pembahasan Olive ke dalam buku ini. Jika dibandingkan dengan OpenShot, Olive jauh lebih baik dan jauh lebih stabil.

OpenShot ini juga salah satu editor video berbasis OpenSource, namun sayangnya OpenShot ini tidak stabil dan tidak begitu bisa diandalkan untuk kebutuhan editing sehari-hari. Setidaknya sampai buku ini ditulis OpenShot sering kali crash.

Berbeda dengan Olive yang lebih baik dan lebih stabil. Sebelum saya memutuskan untuk membuat panduan Olive saya sudah mencoba melakukan berbagai teknik editing dengan Olive dan hasilnya sangat memuaskan.

Jika Olive terus dikembangkan oleh pengembangnya (developer) maka Olive akan menjadi sebuah video editor OpenSource yang modern. Di dalam versi ALPHA ini kita sudah bisa menyaksikan dan merasakan keunggulan Olive jika dibandingkan dengan software video editor lainnya, baik itu yang gratis, OpenSource atau yang berbayar.

 









 

Persyaratan Sistem Minimum

Di dalam website Olive tidak mencantumkan minimum sistem untuk dapat menggunakan Olive, namun untuk video selayaknya menggunakan komputer dengan Multicore dan juga ram yang cukup. Saya mencoba menjalankan Olive dengan PC standar dan Olive bisa berjalan cukup baik. Terkecuali ketika sudah mulai bermain dengan efek yang cukup, maka ketika dipreview sering putus-putus.

Hal tersebut adalah wajar adanya, mengingat itu adalah PC standar yang memang sebenarnya bukan untuk kebutuhan editing video.

Namun apapaun kapasitas PC yang Anda punya, saya menyarankan untuk mencoba dulu menginstal dan menggunakan Olive untuk editing video. Menurut pendapat pribadi saya, Olive lebih ringan jika dibandingkan dengan software video editor lainnya sehingga bisa lebih bersahabat untuk mereka yang memiliki PC standar.

Materi Panduan Editing Video dengan Olive Video Editor

  • Materi panduan ditampilkan dari yang paling baru
  • Jika ingin mempelajari dari awal maka gunakan navigasi NEXT >>>

 

 

{

Bagi yang tertarik mempelajari panduan editing video dengan gratis, Anda bisa memulai dari Olive Video yang merupakan video editor berbasis Open Source. Silahkan pelajari melalui materi panduan yang kami berikan secara percuma, siapa saja bisa mempelajarinya secara gratis.